Peduli Kesehatan Perempuan, TP PKK Galakkan IVA Test dan Sadanis

CILACAP – Sebagai bentuk kepedulaian terhadap angka kematian yang diakibatkan oleh kanker, Tim Penggerak PKK (TP PKK) Kabupaten Cilacap menggelar kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Pencegahan Kanker Pada Perempuan Melalui Deteksi Dini IVA TEST dan SADANIS, Jumat (29/10/2021) di Gedung Sumekar komplek Sekretariat Daerah Kabupaten Cilacap.

Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Cilacap, dr. Ira Tanti Syamsul Aulia Rachman dalam sambutannya mengatakan, Kanker servix dan kanker payudara merupakan salah satu penyebab utama tingginya kasus kematian pada perempuan. Melihat fenomena ini, Pemkab Cilacap melakukan berbagai upaya untuk mencegah hal tersebut, salah satunya dengan melakukan Gerakan Deteksi Dini IVA Test dan Sadanis secara massif.

“PKK sebagai mitra pemerintah memiliki peran sebagai penggerak, motivator, katalisator, komunikator dan organisator untuk meningkatkan upaya capaian IVA Test di semua wilayah,” katanya.

Rendahnya kesadaran kaum perempuan untuk melakukan IVA Test dan Sadanis, adanya budaya malu dan tabu untuk melakukan tes serta kurangnya tenaga provider IVA di Kabupaten Cilacap menjadi kendala yang dihadapi oleh Pemerintah Kabupaten Cilacap dalam menyukseskan Gerakan Deteksi Dini IVA Test dan Sadanis tersebut.

Ira berharap dengan FGD ini akan didapatkan solusi untuk banyaknya permasalahan seputar pencegahan kanker pada perempuan di wilayah Cilacap.

Hal senada diungkapkan oleh Ketua TP PKK, Hj. Tetty S. Pamuji. Ia mengungkapkan bahwa program ini perlu diutamakan karena masih banyak perempuan yang kurang memahami akan pentingnya menjaga kesehatan reproduksinya.

“Program ini sangat penting karena dimana ada perempuan sehat pasti negaranya juga sehat. Oleh karena itu, harus ada terobosan ke depan untuk mengedukasi masyarakat akan pentingnya deteksi dini ini,” ungkap Tetty.

Ia menambahkan bahwa dari 39 Puskesmas baru ada 12 Puskesmas yang terdapat tenaga provider untuk melakukan deteksi dini IVA Test dan Sadanis.

“Oleh karena itu, perlu adanya kolaborasi dan kerja sama yang baik antar OPD dengan kami sebagai penggerak PKK di semua tingkatan dengan organisasi perempuan yang ada di Cilacap, tokoh agama dan tokoh masyarakat untuk menyukseskan program kerja TP PKK ini,” tutupnya. 

(Berita/Intan/BercahayaFm)

dok : Kominfo