Peduli Pandemi, Pertamina Kilang Cilacap Gelar Donor Darah Plasma Konvalesen

Cilacap – Pertamina Refinery Unit (RU) IV Cilacap berhasil menyumbangkan sebanyak 25 kantong darah plasma konvalesen dalam aksi kemanusiaan di masa pandemi. Sebagaimana diketahui, plasma konvalesen dari para penyintas Covid 19, terbukti efektif membantu mempercepat kesembuhan pasien yang terpapar virus ini.

Area Manager Communication, Relations, & CSR Pertamina RU IV Cilacap, Hatim Ilwan menerangkan ini merupakan bagian dari aksi sosial serentak Pertamina di seluruh Indonesia bertajuk ‘Plasma Konvalesen dari Pertamina untuk Indonesia’ yang rangkaiannya digelar sejak akhir Januari lalu. “Kami bekerjasama dengan tim PMI Kabupaten Cilacap untuk teknis pelaksanaan donor plasma konvalesen ini,” ujarnya.

Diawali beberapa tahapan screening di gedung Patra Graha RU IV, menurut Hatim, proses dilanjutkan donor plasma di kantor PMI Cilacap. Dikatakannya, 25 kantong darah plasma konvalesen yang diperoleh dari pekerja, mitra kerja dan keluarganya di lingkungan Pertamina RU IV ini terdiri dari 5 kantong darah golongan A, 9 kantong darah golongan B, 8 kantong darah golongan O, dan 3 kantong darah golongan AB.

Lebih lanjut, Pertamina RU IV mengerahkan seluruh kemampuan membantu percepatan penanganan Covid 19. Sejak mewabah pada Maret 2020, Pertamina aktif melakukan berbagai program sosial, seperti penyerahan bantuan ambulance untuk Pemkab Cilacap, paket sembako, alat pelindung diri (APD) untuk tenaga kesehatan dan penggali makam, hand sanitizer, dan aktif mengikuti penyemprotan disinfektan massal. “Termasuk donor plasma konvalesen, semoga benar-benar memberikan manfaat,” imbuh Hatim.

Kepala Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Kabupaten Cilacap, dr. Yuyung Budi Waskito menyambut antusias keterlibatan aktif Pertamina dalam kegiatan sosial ini. “Kami sampaikan terimakasih kepada Pertamina RU IV atas kepeduliannya. Yang rutin dilakukan adalah donor darah 3 bulanan, dan khusus hari ini donor darah plasma konvalesen untuk membantu mempercepat kesembuhan penderita Covid-19,” terangnya.

Dijelaskan Yuyung, sejauh ini hasil dari donor darah plasma konvalesen terbukti efektif 100 % mempercepat kesembuhan para pasien Covid 19. “Di Kabupaten Cilacap sejauh ini kami sudah dapatkan 40 kantong lebih dan seluruhnya efektif membantu mempercepat kesembuhan penderita,” tutupnya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *