Peletakan Batu Pertama Menandai Dimulainya Pembangunan Gedung Bazma Pertamina RU IV

CILACAP – Gedung baru Baituzzakah Pertamina (Bazma) Refinery Unit (RU) IV di area Masjid Baiturrahmah Kompleks Perumahan Pertamina (Komperta) Lomanis Cilacap bakal segera hadir. Hal ini seiring dengan peletakan batu pertama dan penandatangan prasasti oleh General Manager PT Pertamina (Persero) RU IV Joko Pranoto, Kamis (27/08).

Acara yang dilaksanakan setelah Shalat Dzuhur berjama’ah dan pengajian Majelis Ta’lim Al- Qudwah ini dihadiri Tim Management RU IV, jama’ah pengajian Al–Qudwah, Ketua dan pengurus BDI dan Bazma serta tokoh agama Kabupaten Cilacap, K.H. Hasan Makarim. 

Dalam sambutannya, Ketua Bazma yang saat itu dijabat rangkap oleh Ketua BDI, Sugiyo menjelaskan semula gedung Bazma menempati sebagian gedung BDI. Karena tuntutan kebutuhan maka digagas pembangunan gedung baru Bazma di halaman depan Masjid Baiutrrahmah dengan luas 288 m² yang dialokasikan untuk ruang operasional dan poliklinik. Sugiyo juga melaporkan perolehan dana infaq dan sodaqoh data terbaru tahun 2020.

Pada tengah semester tahun ini, menurut Sugiyo, terkumpul dana Rp 1,4 Milliar.

“Atau mencapai 10% dari perolehan dana Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Cilacap,” ujar Sugiyo.

Meski demikian, Sugiyo berharap kontribusi pekerja bisa lebih digiatkan lagi karena Bazma tidak pernah menahan dana dari para donatur. Hal ini menurutnya karena program Bazma cukup jelas dan beragam. 

Masih kata Sugiyo, perolehan infaq pekerja sebanyak 91% selama 6 bulan pada tahun ini, sebagian besar disalurkan ke ring I untuk pembangunan sarana pendidikan dan ibadah. Bazma juga telah bergotong-royong dengan warga Kelurahan Tambakreja Cilacap untuk pembangunan Masjid di wilayah Kebon Sayur, senilai Rp 400 juta. Dalam waktu dekat melalui dana infaq pekerja Pertamina Bazma juga berencana membangun Masjid di Dusun Klaces, Kecamatan Kampung Laut, Cilacap, senilai Rp 500 juta. 

General Manager (GM) PT Pertamina (Persero) RU IV – Joko Pranoto berharap, kegiatan pembangunan berlangsung lancar dan selamat sehingga gedung bisa segera digunakan untuk lebih meningkatkan semangat berbagi dan berdakwah sehingga dapat memberikan banyak lagi manfaat kepada masyarakat Cilacap. 

Pekerja dan mitra kerja di Pertamina wajib patut bersyukur, karena menurut Joko, Bazma telah berkontribusi cukup besar dan menyalurkan amanah dengan baik.

“Saya menghimbau agar pekerja dan keluarganya, termasuk mitra kerja di RU IV lebih banyak lagi mengamanahkan sebagian rejekinya ke Bazma,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *