Pemkab Berikan 3 MOBIL AMBULANCE Covid-19 DAN 43 Unit Refrigerator Untuk Puskesmas


CILACAP – Pemerintah Kabupaten Cilacap, memberikan 43 unit Refrigerator untuk menyimpan vaksin yang diberikan kepada 38 Puskesmas se Kabupaten Cilacap serta 3 Mobil Ambulance penanganan Covid – 19 untuk Puskesmas wilayah Cilacap Tengah 2, Sampang dan Kesugihan.

Penyerahan tersebut secara simbolis di berikan oleh Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji kepada perwakilan Puskesmas, di Halaman Pendopo Wijayakusuma Cakti Cilacap, Senin (31/05/21).

Penyerahan tersebut juga dihadiri oleh Wakil Bupati Cilacap Syamsul Auliya Rachman, Sekretaris Daerah Farid Ma’ruf, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap dr.Pramesti Griana Dewi, Asisten Pemerintahan Sekda Kab. Cilacap Dian Setyabudi, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekda Kab. Cilacap Wasi Ariyadi.

Wakil Bupati Cilacap, menjelaskan pemberian Refrigerator ini adalah untuk menyimpan vaksin, sehingga kualitas suhunya bisa tetap terjaga di seluruh Puskesmas. “Selain itu juga, untuk meningkatkan efektivitas pada saat nanti di manfaatkan dan disuntikan kepada masyarakat Cilacap” kata Syamsul.

Pihaknya menambahkan, Hasil dari sampel darah 12 tenaga kesehatan RSUD Cilacap yang dikirimkan ke Laboratorium Mikrobiologi UGM, yang diduga tertular dari ABK Philipina, menunjukan bahwa tenaga kesehatan yang terpapar Covid – 19 tersebut bukanlah dari Varian India B1617.2 .

“Kemarin kurang lebih ada 12 yang kita kirim sampel nakes itu yang terpapar, alhamdulillah hasilnya bukan dari Varian India ya mungkin karena faktor kelelahan, ataupun yang lain, dan kita juga akan mengevaluasi agar nakes ini tidak tertular dan meningkatkan imun” jelasnya.

Wakil Bupati juga menghimbau kepada masyarakat Cilacap, ada atau tidak adanya kasus Covid – 19 Varian India, agar masyarakat tetap tenang.

“Karena tenaga kesehatan kita sudah bekerja dengan sangat luar biasa, serta dengan penanganan kasus Varian India, Pemerintah Kabupaten Cilacap juga sudah sangat optimal sesuai dengan SOP” kata dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan, Pramesti Griana Dewi mengatakan, masih ada 4 ABK Philipina yang masih di rawat di RSUD Cilacap. “Kondisinya sudah bagus, tinggal menunggu evaluasi PCR” kata Pramesti.

“Hasil swab negatif, iya baru satu kali, rencananya hari ini akan dilakukan swab lagi, mudah – mudahan hasilnya negatif lagi” tambahnya.


(tan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *