Pemkab Cilacap Luncurkan Aplikasi “VIVA CILACAP”

CILACAP – Mulai 1 Agustus 2021, masyarakat umum di Kabupaten Cilacap dapat mengakses layanan permohonan vaksinasi Covid-19 gratis melalui aplikasi “VIVA CILACAP”. Aplikasi diluncurkan oleh Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji, didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap, dr. Pramesti Griana Dewi, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Cilacap, M. Wijaya, Dandim 0703/Cilacap Letkol Inf. Andi Afandi, serta perwakilan Forkopimda, di Ruang Gadri, Rumah Dinas Bupati, Jumat (30/7/21).

VIVA CILACAP merupakan aplikasi yang dikembangkan Dinas Komunikasi dan Informatika bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap. Masyarakat dapat mengajukan permohonan vaksinasi melalui website viva.cilacapkab.go.id, dan mengisi form yang tersedia. Aplikasi akan memberikan informasi mengenai jadwal, waktu dan tempat vaksinasi, sesuai kuota yang tersedia.

“Alhamdulillah berkat kerja keras Tim Ahli Informatika Diskominfo, saat ini telah terwujud aplikasi yang Kami beri nama Viva Cilacap. Mudah-mudahan ini membawa semangat untuk kita semua, ”, kata Pramesti.

Dijelaskan, hingga akhir tahun 2021 Pemkab Cilacap menargetkan cakupan vaksinasi bagi 1,5 juta warga. Hingga minggu ke 26, sasaran yang telah menerima vaksin dosis pertama sebanyak 170.192 atau 11,1 %, dan sasaran yang menerima vaksin dosis kedua sebanyak 106.957 atau 6,98 %.

“Artinya masih banyak calon penerima vaksin yang perlu didata menggunakan mekanisme pendaftaran yang mudah diakses oleh masyarakat dan membantu Fasilitas Kesehatan pemberi pelayanan vaksin dalam menentukan sasaran dan jadwal vaksinasi”, tambahnya.

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji menerangkan, aplikasi VIVA CILACAP ini sangat membantu masyarakat dalam proses pendaftaran karena dapat dilakukan secara online melalui ponsel android maupun laptop/komputer yang terkoneksi dengan internet.

“Untuk itu, besar harapan saya dengan adanya kemudahan pendaftaran vaksinasi Covid-19 akan meningkatkan antusias dari masyarakat Kabupaten Cilacap untuk mengikuti vaksinasi. Saya berkeyakinan bahwa dengan melakukan vaksinasi Covid-19 dan menerapkan disiplin protokol kesehatan yang ketat, jumlah kasus positif Covid-19 di Kabupaten Cilacap akan berangsur menurun”, tandas Bupati.

Reporter : Intan

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *