Pemkab Cilacap Serahkan Bantuan Keuangan Untuk Partai Politik TA 2021

CILACAP – Pemerintah Kabupaten Cilacap menyerahkan bantuan keuangan kepada 9 partai politik yang mendapatkan kursi di DPRD Kabupaten Cilacap pada pelimu 201. Acara tersebut dilakukan secara simbolis oleh Bupati Cilacap di Ruang Gadri, Rumah Dinas Bupati , Kamis (29/7/2021).

Bantuan yang diserahkan senilai Rp 2.918.784.000 berasal dari APBD Kabupaten Cilacap TA 2021. Sembilan parpol tersebut yakni PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai Demokrat, Partai Amanat Nasional, Partai Persatuan Pembangunan, Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Keadilan Sejahtera, Partai Gerindra, dan Partai Nasdem.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Cilacap, Sadamoko Danardono menjelaskan, khusus untuk Partai Amanat Nasional (PAN), bantuan belum dapat diserahkan karena belum memenuhi persyaratan administrasi yang ditentukan. “Bantuan tersebut akan diberikan apabila yang bersangkutan telah memenuhi ketentuan administrasi yang dimaksud”, jelasnya.

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji dalam sambutannya berharap, bantuan ini dapat meningkatkan kepedulian partai politik untuk bersinergi dan membantu masyarakat di masa pandemi Covid-19. Hal ini bukan bermaksud mempolitisasi, namun menyatukan langkah dalam menyosialisasikan protokol kesehatan dan dukungan vaksinasi.

“Dengan kepedulian ini, partai untuk turun kebawah menyukseskan serbuan vaksinasi. Seluruh partai harus dilibatkan”, tegas Bupati.

Menanggapi pernyataan Bupati, Ketua DPRD Kabupaten Cilacap, Taufik Nurhidayat yang juga merupakan Ketua DPC PDIP Kabupaten Cilacap menyatakan, partai politik per dapil akan melaksanakan vaksinasi secara gotong royong. “Pak Bupati menyarankan agar jangan dipolitisasi. Sehingga hari ini kita tidak bicara partai politik, tapi bersama sama Bupati dan Pemkab Cilacap perang melawan Covid-19”, kata Taufik.

Sementara itu, Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Cilacap, Sindi Sakir menegaskan, partai politik memiliki tanggung jawab yang sama dengan pemerintah dalam menyosialisasikan protokol kesehatan dan menangani pandemi Covid-19. Dengan sinergitas ini diharapkan ada dampak positif bagi masyarakat, terutama dalam pemulihan ekonomi dan kesehatan.

Reporter : Intan

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *