Pemkab Segera Cek Kebenaran Informasi Pungutan Sekolah

Sementara dalam audensi di Pendopo Kabupaten, perwakilan massa dari GMBI Cilacap dipimpin koordinatornya – Edi Tukin kembali menyuarakan tuntutannya di depan sejumlah pejabat yang menemuinya. Diantara pejabat yang hadir adalah Asisten Sekda Bidang Pemerintahan – Wasi Aryadi dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan – Warsono serta sejumlah pejabat lain.

Dalam audensi itu perwakilan massa menegaskan soal pungutan dan sumbangan pendidikan pada satuan pendidikan dasar sesuai ketentuan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 44 Tahun 2012. Mereka menyebut bahwa, pemerintah daerah sesuai kewenangannya dapat membatalkan pungutan dan atau sumbangan apabila penyelenggara pendidikan melanggar peraturan yang ada atau meresahkan masyarakat.

Menyikapi tuntutan ini, Asisten Pemerintahan Sekda Cilacap – Wasi Aryadi berjanji akan segera melaporkan hasil audensi dan dialog serta tuntutan LSM GMBI kepada Bupati. Selanjutnya, Pemkab akan berkoordinasi dengan Inspektorat Kabupaten serta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan untuk melakukan pengecekan atas kebenaran adanya informasi pungutan di satuan pendidikan.

Usai audensi tersebut, massa yang bertahan di alun-alun Cilacap selama sekitar 2 jam akhirnya membubarkan diri. (Adhy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *