Pemuda Obor Pemersatu Bangsa

Hari Sumpah Pemuda ke-91 Tahun 2019 mengambil tema “Bersatu Kita Maju”. Tidak lain untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 lalu, bahwa hanya dengan persatuan Indonesia dapat mewujudkan cita-cita bangsa. Lalu bagaimanakah, Sumpah Pemuda sebagai satu tonggak sejarah, di mata seorang Komandan Kodim 0703 Cilacap.

Berikut laporannya……………..

Sumpah pemuda yang dikrarkan 28 Oktober Tahun 1928 lalu dinyatakan sebagai salah satu tonggal Utama dalam sejarah pergerakan Kemerdekaan Indonesia. Sumpah Pemuda setiap tahunya diperingati oleh segenap bangsa Indonesia, yang pada tahun 2019 ini peringatan yang ke 91 dengan tema Bersatu Indonesia Maju. Komandan Kodim 0703 Cilacap Letnan Kolonel Infantri Wahyu Yuniartoto pada cara Dialog Info Kita Bercahaya FM Cilacap melalui sambungan telepon Senin pagi menyatakan, sumpah pemuda menjadi titik awal pergerakan persatuan dan kesatuan bangsa yang mampu mendorong semangat berkobar membela bangsa.

Menurut Dandim 0703 Cilacap Letnan Kolonel Infantri Wahyu Yuniartoto jika pemuda generasi terdahulu mampu keluar dari jebakan sikap-sikap primordial suku, agama, ras dan kultur, menuju persatuan dan kesatuan bangsa, maka tugas pemuda saat ini adalah harus sanggup membuka pandangan ke luar batas-batas tembok kekinian dunia, demi menyongsong masa depan dunia yang lebih baik. Sedangkan di era demokrasi ini, Pemuda kekinian harus mampu mencontoh para pemuda di era pergerakan perjuangan bangsa dalam merebut kemerdekaan kala itu. “Bukan sebaliknya, justru terprovokasi oleh informasi yang tidak benar, menyesatkan dan memecah belah bangsa”, jelas Dandim Wahyu Yuniartoto.

Komandan Kodim 0703 Cilacap Letnan Kolonel Infantri Wahyu Yuniartoto berharasp, semangat para pemuda dalam mengisi pembangunan dan ikut membangun dunia harus terus menjadi obor penyemangat bagi pengabdian pemuda Indonesia dalam ikut serta berpartisipasi mengangkat bangsa dan tanah air tercinta di kancah dunia. (4ng2id)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *