Pengiriman Blanko Terlambat, Pemohon E-KTP Membludak

Keterlambatan pengiriman blanko E-KTP membuat jumlah pemohon kartu identitas ini kembali membludag di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Terpantau dalam beberapa hari terakhir, terdapat antrian pemohon untuk mengurus E-KTP. Antrian makin panjang, karena tidak hanya pemohon E-KTP saja, tetapi bercampung dengan para pemohon surat administrasi kependudukan lainnya seperti Akte Kelahiran dan Kartu Keluarga. Hanya saja antrian saat ini tidak sepadat seperti pascalebaran lalu.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Cilacap – Dikdik Nugraha saat pers conference pada Selasa pagi menyebutkan, pihaknya sudah berupaya optimal untuk memberikan pelayanan surat-surat tersebut. Hanya saja saat ini pihaknya mengalami kendala pada stok blanko e-KTP akibat pengiriman dari pusat yang terlambat. Jumlah stok yang ada katanya tidak sebanding dengan jumlah pemohon.

Menurut Dikdik, dari jumlah penduduk di Kabupaten Cilacap 1,8 juta yang wajib ber KTP hampir 1,4 juta jiwa. Dari jumlah tersebut, sekitar 70 ribu lebih belum pernah melakukan perekaman KTP elektronik. Untuk mengoptimalkan pelayanan, kini pihaknya dibantu oleh UPTD yang ada di kecamatan dengan kemampuan pelayan rata-rata per hari menceta seribu e-KTP.

Sementara untuk pelayanan pembuatan Akte Kelahiran, katanya sudah sejak Juni lalu berlangsung lebih singkat hanya 30 menit atau yang dikenal dengan salam 30 menit selesai. Asumsinya adalah si pemohon sudah mendapat nomor antri. (Arin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *