Pengusaha Kayu Rotan Cilacap Masih Terkendala Jaringan Pemasaran

Pemasaran menjadi hambatan bagi pengusaha kerajinan kayu rotan di Cilacap. Akibatnya, selama ini produk kerajinan rotan yang dihasilkan baru beredar di pasar lokal saja.

Pemilik usaha kerajinan kayu rotan – Arifin mengungkapkan, keterbatasan akses jaringan pemasaran yang dimiliki itu adalah hambatan utama. Padalah usaha ini sudah digeluti selama 20 tahun bersama ayahnya. Yang bisa dilakukan selama ini baru menggunakan pemasaran dengan memanfaatkan toko furniter atau mebeuler diproduk di wilayah Cilacap saja. Praktis, hal ini membuat perkembangan usahanya stagnan.

Kendala ini ditambah dengan minimnya SDM dan peralatan yang dimiliki. Disisi lain dibutuhkan inovasi dan kreatifitas agar produk dari kayu rotan ini bisa bersaing dipasaran. Karena kondisi ini, membuat omsetnya makin menurun. Gambarannya, saat ini hanya mampu meraup keuntungan kisaran 2 juta saja. Arifin berharap ada perhatian lebih dari Dinas instansi terkait.

“Pemasaran masih dalam kota karena terkendala berbagai hal, mulai dari jaringan pemasaran, sarana transportasi, dan tempat usaha. Selain itu tenaga kerja masih seadanya atau masih sedikit karena kami keterbatasan modal. Saya harap ada perhatian khusus dari dinas terkait untuk keberlangsungan pengusaha seperti kami,” ungkapnya.

Menanggapi hal tersebut, Kepala DPKUKM Cilacap, Dian Arinda Murni Kepada Bercahaya FM mengatakan, Pemkab telah banyak memfasilitasi pelaku UMKM dalam mengembangkan usahanya. Dari pameran berskala regional, nasional bahkan internasional. Termasuk kaitannya dengan peningkatan produksi, dilakukan dengan memfasilitasi bimbingan teknis, pelatihan teknologi tepat guna, dan fasilitasi sertifikasi halal untuk makanan dan minuman kemasan.

” Kami selama ini sudah memberikan wadah pemasaran bagi pengusaha melalui berbagai bentuk pameran dan untuk fasilitasi pelatihan selama ini juga sudah ada. Sedangkan bantuan fasilitas peralatan, pengusaha dapat berkordinasi dengan dinas ketenagakerjaan dan perindustrian agar kebutuhan yang diperlukan mampu terserap secara optimal,” imbuhnya.

(guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *