Perbaikan Tanggul Permanen Pantai, Masih Terkendala Cuaca

Pasca diterjang rob pantai selatan beberapa minggu lalu, sejumlah tanggul penahan ombak di pesisir pantai Cilacap mengalami kerusakan yang cukup berat. Bahkan beberapa diantaranya ambrol dan meninggalkan bekas dengan lobang menganga.

Berbagai upaya sempat dilakukan Pemkab Cilacap melalui BPBD maupun aktifis lingkungan, salah satunya adalah dengan membuat tanggul darurat yang berasal dari karung pasir. Sementara perbaikan tanggul secara permanen sejauh ini masih tekendala oleh faktor Cuaca.

Kepala Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air – PSDA Kabupaten Cilacap – Syaiful Hidayat menjelaskan, tanggul pantai selama ini sudah dalam proses perbaikan. Pengerjaan tanggul saat ini pada tahap pencetakan beton, namun pada perkembanganya terkendala cuaca ombak yang masih tinggi dan belum mendukung proses pengerjaannya. Sementara pola konstruksi tanggul masih menggunakan desain lama.

“Kalau untuk tanggul pantai sudah kita upayakan secara permanen, masih menunggu gelombang surut. Sekarang sudah tahap pencetakan beton yang rusak dan untuk pola konstruksi masih menggunakan desain yang lama,” ungkapnya.

Syaiful Hidayat menambahkan, saat ini pihaknya sedang menunggu realisasi pekerjaan perbaikan tanggul penahan ombak pantai Cilacap tahun 2018 oleh rekanan penggarapnya. (Guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *