Peringati Hari Guru Nasional, SMP PIUS Cilacap Gelar Tradisi Unik Saling Basuh Kaki

Peringatan Hari Guru Nasional di SMP PIUS Cilacap dijadikan momentum merefleksikan pengabdian guru bagi masa depan generasi penerus, khususnya ratusan siswanya.  Kendati demikian terdapat hal unik yang disuguhkan dalam peringatannya, yakni berupa tradisi saling membasuh kaki oleh para guru dan para murid.

Kepala SMP Pius Cilacap – C Budi Setyawan mengatakan, pembasuhan kaki tersebut sebagai wahana edukasi kepada siswa untuk semakin memahami nilai kerendahan hati serta saling menghormati. Dalam aksinya baik guru maupun siswa mengenakan pakaian adat nusantara. Ini dimaknai untuk menanamkan nilai bhineka tunggal ika dan persatuan dalam berbudaya maupun menjadi warga negara yang baik.

Oleh karenanya diharapkan nantinya  dapat terbentuk lingkungan pendidikan yang berkualitas tinggi dan menyenangkan khususnya  di SMP PIUS Cilacap.

“Kita dalam memaknai peringatan hari guru diantaranya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di SMP PIUS Cilacap dengan kegembiraan dan menyenangkan. Kemudian tradisi basuh kaki ini adalah sebagai simbol untuk rendah hati dan saling menghargai antara guru maupun siswa,” jelas Budi.

Sementara itu seorang siswa SMP PIUS Cilacap – Julius Wijaya Agung mengatakan, kegiatan yang bertepatan pada momen Hari Guru ini dinilai cukup baik dan berkesan. Sebab dirinya dan siswa lain dapat mengungkapkan rasa hormat kepada guru.  Terlebih menurutnya selama ini para guru telah memberi banyak ilmu. Selain itu, membasuh kaki sebagai simbol permohonan maaf siswa kepada para guru atas kesalahan dan perilaku mereka selama ini.

(guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *