Permintaan Meningkat, Stok Plasma Konvalesen Di PMI Kabupaten Cilacap Kosong

CILACAP – Melonjaknya kasus Covid – 19, membuat permintaan darah plasma konvalesen di PMI Kabupaten Cilacap, meningkat. Kepala UTD PMI Kab Cilacap , dr. Yuyung Budi Waskito menjelaskan, ketersediaan stok darah plasma konvalesen saat ini di PMI kosong, sejak meningkatnya jumlah Covid – 19 di Kabupaten Cilacap.

“Saat ini stoknya kosong, yang donor tidak ada, permintaan banyak. Kosongnya sejak kasusnya naik” ucap Yuyung, saat di hubungi  Reporter baercahaya Fm melalui sambungan telefon, Kamis (15/7/21).

Saat, ada sekitar 9 pemohon plasma darah konvalesen ke PMI kab Cilacap, golongan darah A, 5 orang dan golongan darah O, 4 orang.

Dr. Yuyung menghimbau, kepada masyarakat yang telah sembuh dari Covid – 19 untuk dapat menyumbangkan plasma darah konvalesen.

“Kita hanya bisa menghimbau ya, yang sudah pada sembuh untuk donor, agar bisa membantu sesama, karena donor sendiri itu kembali keyang bersangkutan, kalo tidak mau, kan kita tidak bisa memaksa.” Jelasnya.

“Ada beberapa syarat untuk menjadi donor plasma konvalesen, antara lain Usia 18-60 tahun, Berat badan tidak lebih dari 55 kilogram, Diutamakan pria, apabila perempuan belum pernah hamil, Pernah terkonfirmasi Covid-19, dengan surat keterangan sembuh, Bebas keluhan minimal 14 hari, Tidak menerima transfusi darah selama 6 bulan terakhir” pungkasnya.

(Intan)

sumberfoto : google

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *