Permudah Perijinan Nelayan, Kementerian Kelautan Perikanan Jemput Bola Ke Cilacap

Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jateng melakukan jemput bola ke nelayan Cilacap untuk mempermudah pelayanan perijinan terkait operasional nelayan diantaranya ijin kapal. Cara ini dilakukan untuk mewujudkan perikanan yang bertanggung jawab, dan menjadi cara untuk melestarikan sumberdaya ikan serta menjaga keberlangsungan usaha perikanan tangkap di Jateng. Kabupaten Cilacap sendiri dipandang memiliki potensi perikanan yang besar.

Kepada Bercahaya FM, Kasi Pengendalian Penangkapan Ikan, Kapal Perikanan dan Alat Penangkapan Ikan atau PPI dan KP pada Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jateng – Amperanto Kusnardi mengatakan, selain mempermudah layanan perizinan kepada pelaku usaha, program jemput bola ini sekaligus untuk mensosialisasikan aplikasi online terbaru pelayanan perizinan. Yakni E-Service yang disediakan bagi para pemohon perizinan dengan proses regristasi mandiri secara online.

Pelayanan perizinan yang diterbitkan antara lain berupa Surat izin Usaha Perikanan – SIUP, Buku Kapal Perikanan – BKP, maupun Surat Izin Penangkapan Ikan atau SIPI. Program pembuatan perizinan tersebut di Cilacap dinilai mendapatkan respon yang cukup baik. Sebab terpantau dalam dua hari terdapat puluhan nelayan yang melakukan pendaftaran. Menurutnya, se-Jawa tengah, pemohon perijinan meningkat hingga 80% .

“Di Jateng sudah hampir semuanya, sudah sadar perizinan dan kalau dipresentasekan kuranglebih mencapai 80% ,” ungkapnya.

Amperanto menegaskan, pembuatan perizinan tersebut tidak akan berimbas pada pengaturan tonase ikan hasil tangkapan nelayan. Namun lebih pada pembatasan zonasi penangkapan, khususnya kapal besar yang tidak diperbolehkan melakukan aktifitas penangkapan diwilayah bibir pantai. (guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *