Persempit Peredaran Narkoba BNNK Gelar Cek Urin di Terminal

Musim lebaran kemarin dinilai menjadi momen yang rentan untuk peredaran dan penyalahgunaan narkoba. Kondisi itu terbukti dengan tertangkapnya sejumlah pemudik diberbagai wilayah, yang kedapatan membawa narkoba.  Seperti yang terungkap di Kota Tegal beberapa waktu lalu.

Hal tersebut menjadi perhatian khusus BNNK Cilacap untuk melakukan berbagai upaya pencegahan dan memutus mata rantai peredaran narkoba, khususnya pada situasi mudik lebaran kemarin. Caranya dengan aktif menyambangi dan memeriksa urine para pemudik maupun awak bus di termina bis. Seperti yang dilakukan di terminal Karangpucung, beberapa waktu lalu.

Kasi P2M pada BNNK Cilacap – Parwito mengatakan, sebanyak 50 pengemudi dan kru bus dari 25 Perusahaan Otobus mengikuti tes urin. Hasilnya tidak ada satu pun yang terindikasi menggunakan narkotika dan psikotropika berdasarkan urin tes 6 parameter.

Kendati demikian kegiatan tersebut dinilai mampu mempersempit ruang gerak peredaran narkoba khususnya diwilayah Cilacap. Selain tes urin BNNK Cilacap melakukan sejumlah layanan kesehatan para awak bus yang dalam hal ini dibantu  oleh tim kesehatan Puskesmas Karangpucung. Tak ketinggalan, sejumlah pemeriksaan kelengkapan surat bus serta keselamatan bus turut dilakukan oleh Dinas Perhubungan Kabupaten Cilacap. (guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *