Pertamina Melatih Puluhan Pemuda Kompetensi Las Listrik

Sebagai wilayah dengan bandrol kawasan industri di Jawa Tengah, Kabupaten Cilacap memiliki potensi besar dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Kondisi demikian harus didukung dengan SDM yang memiliki standar kompetensi sesuai jabatan kerja yang dibutuhkan dalam dunia kerja. Salah satu cara meningkatkan kompetensi dilakukan Pertamina RU IV Cilacap dengan menyelenggarakan pelatihan kejuruan ketrampilan las listrik 6-G. Kegiatan menyasar masyarakat yang tinggal disekitar lingkungan operasi perusahaan.

Melalui program Corporate Social Responsibility, pelatihan bekerjasama dengan Balai Latihan Kerja Industri – BLKI di aula institusi tersebut.

GM Pertamina RU IV – Djoko Priyono berharap program pelatihan las ini dapat meningkatkan kemampuan dan pengetahuan peserta yang semuanya merupakan pemuda lulusan SMA/SMK dan belum bisa melanjutkan ke perguruan tinggi.

“Pelatihan las listrik peringkat 6-G ini merupakan peringkat tertinggi dalam sertifikat kompetensi las listrik,” ungkapnya.

Total peserta sebanyak 20 orang sebagai perwakilan pemuda dari 15 kelurahan yang sebelumnya sudah dinyatakan lolos dalam tes kesehatan. Kegiatan akan berlangsung selama tiga bulan dengan materi teori dan praktek oleh instruktur dari BLKI Provinsi Jateng. (Arin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *