Pertamina RU IV Tanam 50 Ribu Mangrove di Pulau Momongan Jetis

PT Pertamina (Persero) RU IV kembali menunjukkan komitmennya untuk melestarikan lingkungan dan mencegah kerusakan alam melalui program Corporate Social Responsibility ( CSR) bidang lingkungan, yang dibuktikan dengan kepedulian terhadap pelestarian mangrove di Kabupaten Cilacap.

Pertamina RU IV melakukan penanaman 50 ribu  bibit mangrove bekerjasama dg kelompok Alam Lestari Desa Jetis, Kecamatan Nusawungu atau tepatnya di Pulau Momongan yang merupakan pintu masuk wilayah timur Kabupaten Cilacap.

Acara dihadiri GM RU IV bersama tim manajemen, Kepala Desa Jetis, Camat Nusawungu, KA Dinas Lingkungan Hidup, KA Dinas Pariwisata Kabupaten Cilacap, dan Bupati Cilacap beserta istri, serta warga desa Jetis dan juga anak anak sekolah yang disertakan dalam penanaman mangrove agar mereka dapat ikut menjaga kelestarian mangrove di desa mereka.

GM Pertamina RU IV – Joko Pranoto dalam sambutannya mengatakan, dirinya bersama masyarakat dan pemerintah daerah khususnya Desa Jetis, akan mengembangkan arboretum mangrove yang berada di pulau momongan Desa Jetis.

Sementara Kepala Desa Jetis – Muharno mengapresiasi  upaya pelestarian lingkungan yang telah dilakukan pihak Pertamina.  Pihaknya juga berharap, kegiatan itu akan mendukung Desa Jetis untuk berkembang menjadi desa wisata. Yakni melanjutkan prestasi yang pernah di raih pada tahun 2013 di tingkat Provinsi.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Cilacap – H. Tatto Suwarto Pamuji menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Pertamina, yang  telah berperan mengelola alam di Pulau Momongan. Bupati juga mengatakan bahwa pemerintah sudah menyiapkan dana untuk mengembangkan Pulau Momongan menjadi pulau wisata dan desa wisata.

“Diharapkan pohon yang ditanam kelak akan bermanfaat bagi kehidupan masyarakat desa Jetis,” ungkapnya.

Seremonial penanaman mangrove diawali dengan simbolis penyerahan bibit pohon mangrove dari GM RU IV kepada Bupati didampingi istri, lalu diserahkan kepada Kepala Desa Jetis,  dan diteruskan kepada Ketua kelompok Alam Lestari.

Kendati wilayah Jetis sempat diguyur hujan deras, para pejabat serta anak anak sekolah tetap antusias dalam melakukan penanaman mangrove, dengan menaiki perahu menuju Pulau Momongan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *