PLN Bidik Keandalan Kampung Laut

Terkendalanya pasokan listrik PLN untuk wilayah Kampung Laut akibat gangguan hewan beberapa waktu lalu, langsung mendapatkan respon dari pihak terkait. Yakni PLN UP 3 Cilacap yang berencana bakal merenovasi sejumlah kabel jaringan yang selama ini digunakan dan berada di sekitaran pulau Nusakambangan hingga Kampung Laut.

Manager Bagian Perencanaan PLN UP 3 Cilacap, Fandi Gunawan Sianipar mengatakan, nantinya kabel jaringan tersebut bakal diganti dengan jenis baru. Berdasarkan usulan AI tahun 2020,  secara teknis kabel lama  akan diperbaharui dengan model MVTIC 7 kms.

Ia menggambarkan jenis kabel jaringan terbaru memiliki pembungkus khusus, Sehingga dapat meminimalisir dampak dari gangguan hewan yang seringkali menyebabkan gangguan pasokan listrik untuk wilayah Kampung Laut.

“Kalau di Kampung Laut untuk perbaikan tegangan maupun lainya kita lakukan setiap ada temuan dari tim inspeksi maupun laporan warga. Jadi tidak harus menunggu bertahun tahun tapi langsung dilakukan,” imbuhnya.

Sementara itu, Camat Kampung Laut, Nurindra menyambut baik hal tersebut. Sebab katanya pasokan listrik di wilayahnya selama ini mampu menjadikan Kampung Laut  tidak lagi terisolir, dan lebih cepat dalam melakukan percepatan program pembangunan pemerintahan Kabupaten Cilacap.

(guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *