PLN Jaga Pasokan Listrik di Bulan Ramadhan

Memasuki awal bulan suci Ramadhan 1440 H, PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Tengah & D.I.Yogyakarta menjamin pasokan listrik di wilayah Jawa Tengah dan DIY dalam keadaan aman. Upaya ini merupakan salah satu wujud komitmen PLN dalam memberikan pelayanan terbaik agar masyarakat dapat beribadah dengan nyaman.

General Manager PLN UP3 Cilacap melalui Manajer Bagian Jaringan, Waluyo mengatakan, pada saat bulan Ramadhan beban di wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta diprediksi aman dengan cadangan pasokan sekitar 1.000 – 1.300 Mega Watt dan beban puncak tertinggi sekitar 4.012 Mega Watt. Tak terkecuali untuk wilayah kerja PLN UP3 Cilacap, mulai dari ULP Cilacap Kota, Sidareja, Majenang, Kroya, Gombong dan Kebumen, telah menambahkan jumlah petugas yang bakal bekerja dalam 24 jam untuk memonitor sistem kelistrikan secara real time dan memastikan pasokan tersebut dapat terdistribusi dengan baik. Selain itu terdapat material cadangan untuk mengantisipasi kendala jaringan listrik, salah satunya adalah trafo yang telah disediakan sebanyak 3 unit disetiap ULP.

“Tren beban puncak pada saat bulan Ramadhan dinilai mengalami pergeseran, dari semula jam 7 sampai 10 malam untuk beban puncak malam, jam 10 pagi sampai 5 sore menjadi jam 3 sampai 6 pagi. Hal ini diakibatkan karena adanya perubahan pola masyarakat yang melaksanakan ibadah sholat tarawih dan makan sahur. Sehingga PLN juga akan memprioritaskan pengamanan di waktu – waktu tertentu seperti jam sahur, berbuka puasa, dan sholat tarawih agar masyarakat lancar dalam beribadah,”ungkapnya.

Waluyo menambahkan, kendati kepuasan pelanggan menjadi prioritas utama, namun keselamatan dan kesehatan kerja pekerja dinilai tidak kalah penting dan tidak boleh dilupakan. Oleh karenanya para petugas wajib bekerja sesuai SOP dan menggunakan alat pelindung diri dalam bertugas. (guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *