Polres Cilacap Bekuk Pelaku Pencurian Katalis Di Kilang RU IV Pertamina

Seorang Laki-laki berinisial SR (39), asal Kelurahan Sidanegara, Kecamatan Cilacap Tengah,  Kabupaten Cilacap, harus berurusan dengan pihak kepolisian. Hal ini dikarenakan dirinya kedapatan mencuri material dua karung Katalis, di area FOC Satu Kilang RU IV PERTAMINA Cilacap.

Dalam presconfrence yang diadakan di Mapolres Cilacap, Rabu Siang, Kapolres Cilacap – AKBP Leganek Mawardi melalui Kepala Satuan Reserse Kriminal AKP Rifeld Constantien Baba didampingi Kanit Reskrim Polsek Cilacap Tengah – Iptu Suwito, memberikan keterangannya,  bahwa kejadian ini diketahui atas hasil laporan dari sejumlah petugas keamanan Kilang RU IV Pertamina Cilacap yang melihat adanya gerak gerik mencurigakan diarea Tangki 35 T2.

Mendasari informasi dari pihak security Pertamina adanya pelaku pencurian katalis di FOC I Pertamina RU IV Cilacap, selanjutnya kanit reskrim beserta anggota di bantu petugas securty melakukan penangkapan terhadap seseorang yang di duga pelaku yang akan melarikan diri dan membawa barang hasil curian berupa katalis.

“Dari hasil pemeriksaan, didapati barang bukti katalis seberat 23,4 kilogram atau  kurang lebih  senilai 20 juta rupiah,” ungkap Kasat Reskrim.

Sementara itu SR dihadapan awak media, dia mengatakan bahwa Katalis yang dicuri merupakan pesanan dari salah seorang kenalannya di wilayah Cilacap. Dia beralasan aksinya ini dilatar belakangi oleh kebutuhan sehari – hari dengan imbalan 50 ribu rupiah perkilogramnya.

“Ya ini sebenarnya karena kebutuhan ekonomi, untuk beli susu anak saya curi katalis. Tiap kilogramnya saya dibayar 50 ribu dari pemesan di wilayah Cilacap,” ujar SR.

Kendati demikian, Kasat Reskrim menegaskan bahwa proses hukum tetap berjalan untuk setiap pelaku kejahatan. Termasuk SR pelaku pencurian Katalis senilai 20 Juta rupiah di Kilang RU IV Cilacap.

“Guna mempertanggungjawabkan perbuatannya, pelaku SR dikenakan pasal 363 KUHP dengan ancaman pidana penjara paling lama tujuh tahun,” tegas Kasat Reskrim Polres Cilacap – AKP Rifeld Constantien Baba .

(guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *