POLRES CILACAP BUKA LAYANAN “SIYAP” PERTAMA DI INDONESIA

CILACAP – Sebagai upaya memberikan kemudahan dalam pelayanan Publik, Satlantas Polres Cilacap membuat terobosan baru dan kreatif berupa aplikasi SIYAP (Sistem Pembayaran Nomor Pilihan) berupa Mesin Portable YAP! (EDC Basic Operation) yakni alat yang digunakan dalam melakukan pembayaran PNBP nomor pilihan kendaraan bermotor (NRKB) tanpa harus antri di loket dan tidak perlu menyiapkan uang tunai (cashless society). Program yang baru pertama di Indonesia ini bekerjasama dengan BNI dan resmi dilaunching pada Jumat (21/12) oleh Bupati Cilacap Tato Suwarto Pamuji dan Kapolres Cilacap AKBP Djoko Julianto,S.I.K,M.H.

Kapolres Cilacap melalui Kasat Lantas AKP Akhmad Nur menegaskan, program terobosan ini makin memudahkan masyarakat untuk melakukan Nomor pilihan, yakni nomor kendaraan yang menjadi pilihan atau diinginkan oleh wajib pajak kendaraan bermotor baik kendaraan bermotor baru dan atau yang ingin dimutasi untuk mengganti nomor kendaraan yang ada pembayaran pajak kendaraan bermotor. Namun untuk saat ini baru bisa nomor kendaraan untuk mobil, direncanakan kedepan akan di buka untuk sepeda motor.

Dikatakan, dengan Program SIYAP, masyarakat tidak lagi harus antre di loket dan membayarnya dengan uang tunai, tetapi cukup membuka saldo di BNI dan mendowload aplikasi YAP di playstore.

Program SIYAP memiliki piranti berupa Mesin Portable YAP mirip mesin ATM. Karena portable maka, mesin ini bisa dibawa dan dimanfaatkan untuk melayani masyarakat ditempat-tempat strategis seperti alun-alun dan tempat konsentrasi masyarakat lainnya.

Kasat Lantas menjelaskan, nomor pilihan adalah nomor kendaraan yang menjadi pilihan atau diinginkan oleh wajib pajak kendaraan bermotor, baik kendaraan baru atau kendaraan yang hendak dimutasi.

Sementara Kepala BNI Cabang Cilacap, Bambang Isdiarto menyampaikan, inovasi Program SIYAP ini tidak menghilangkan pembayaran konvensional . Artinya, masyarakat tetap bisa melakukan transaksi manual, hanya sekarang ada opsi baru yang lebih mudah.(Arin).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *