Produk Pangan Segar harus kantongi Sertifikasi Otoritas Kompeten Keamanan Pangan

Setiap produk pangan segar, kini dpersyaratkan harus mengkantongi sertifikasi dari Otoritas Kompeten Keamanan Pangan-OKKP unit Kerja Dinas Pangan Propinsi sedbagai kepanjang-tanganan pemerintah. Sedangkan di tingkat daerah dibawah koordinasi Dinas Pangan dan Perkebunan Kabupaten Cilacap sebagai OKKP Kabupaten.

LAPORAN

Untuk memberikan perlindungan kepada konsumen dan  sekaligus mampu meningkatkan kapasitas usaha serta daya saig Pangan Segar Asal Tumbuhan-PSAT, Kementerian Pertanian telah menerbitkan Peraturan Menteri Pertanian Nomor 53 Tahun 2018, tentang Keamanan Mutu Pangan Segar Asal Tumbuhan yang efektif berlaku 8 Januari 2019. Dengan diterbitkannya peraturan tersebut, berarti semua produk pangan segar, baik yang dikonsumsi langsung,  menjadi bahan baku maupun ya ng mengalami pengolahan minimal harus terdaftar pada unit kerja pemerintah yang disebut Otoritas Ko\mpeten Kemanan Pangan-OKKP. Otoritas Kompeten Kemanan Pangan-OKKP di tingkat kabupaten Cilacap di bawah unit Kerja Dinas Pangan dan Perkebunan Kabupaten Cilacap yang sejak tahun lalu sampai dengan saat ini terus melakukan program kegiatan sosialisasi dan pembinaan kepada  masyarakat.  Kepala Bidang  Konsumsi dan Keamanan Pangan Pangan Pada Dinas Pangan dan Perkenbunan Cilacap, Agus Priharso, ketika membuka Pembinaan  Mutu Keamanan Pangan Segar Asal Tumbuhan-PSAT di aula setempat, mewakili Kepala Dinas mengakui, secara prosedural setiap produk pangan segar asal tumbuhan harus terdaftar melalui Dinas Pangan dan Perkebunan tingkat Kabupaten Kota untuk difasilitasi ke tingkat propinsi. Menurut Agus Priharso, sampai saat ini sudah terdaftar 2 pengusaha pangan segar untuk komoditi beras dan siap menyusul 3 pengusaha lainnya.

Agus Priharso menjelaskan, dengan telah mengantongi sertifikasi Pangan Segar Asal Tumbuhan-PSAT ini, berarti tidak ada keraguan lagi bagi konsumen untuyk mendapatkan bashan pangan yang terjamin keamanan dan mutunya.

Menjawab pertanyaan, peluang produk pangan segar asal Tumbuhan PSAT masuk ke super Marrket Cilacap, menurut Agus Priharso, dengan telah mengkantongi serifikasi justru semakin  memperlancar beras mamsuk ke pasar moderen di Cilacap yang selama ini banyak diisi oleh  beras-beras produk dari luar Cilacap. (4ng2id)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *