Produksi Gabah Kering Kabupaten Cilacap Meningkat

Jumlah produksi pertanian khususnya gabah kering selama tahun 2018 lalu di Kabupaten Cilacap mencapai 900 ribu ton. Jumlah ini mengalami peningkatan hampir satu persen dari tahun sebelumnya. Tercatat, tahun 2017, Cilacap hanya mampu memproduksi gabah kering sebanyak 880 ribu ton.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap melalui Kabid Tanaman Pangan – Ermawati Syahyuni mengatakan, mayoritas penyumbang tonase berasal dari wilayah timur Cilacap. Yakni wilayah potensial seperti Adipala, Kroya, Sampang, Binangun dan Maos. Bahkan pada awal tahun 2019 baru- baru ini dari hasil panen di salah satu wilayah Maos mampu menghasilkan 7 ton gabah kering.

“Untuk wilayah timur, saat ini ada ribuan hektar areal persawahan yang terus menjalani masa tanam. Hal ini mengindikasi keberhasilan petani yang memanfaatkan saluran irigasi Sungai Serayu dan sejumlah program penyuluhan oleh dinas terkait,” imbuhnya.

Ermawati menambahkan, melimpahnya hasil produksi gabah kering di Cilacap bakal ditindak lanjuti dengan sejumlah upaya peningkatan kesejahteraan para petani. Salah satunya dengan mengangkat harga gabah kering. (guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *