Produksi Sidat Kabupaten Cilacap Semakin Meningkat

Produksi Sidat di Kabupaten Cilacap diklaim semakin meningkat. Sejak pencanangan Kampung Sidat di Kedungreja, kini mulai banyak pembudidaya yang melirik potensi tersebut. Bahkan pembudidayaan ikan yang menyerupai belut ini, produksinya mulai mampu memenuhi permintaan pasar ekspor.

Sekarang ini total produksi budidaya sidat sudah mencapai angka kisaran 1 ton per bulan seperti disampaikan Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Cilacap – Sujito usai menghadiri peresmian kolam Sidat R.E Martadinata Lanal Cilacap, di lingkungan Komplek Rumah Dinas Angkatan Laut Cilacap, Jumat pagi tadi.

Lebih lanjut, dalam jangka waktu satu tahun, pada tahun 2017, tercatat perolehan hasil budidaya sidat di Kabupaten Cilacap mencapai 30 ton, dengan didominasi jenis sidat kualitas ekspor dari kampung sidat Kedungreja Cilacap.

“Setiap bulanya bisa mencapai 1 – 1,5 ton produksinya, tahun 2017 dalam satu tahun Kabupaten Cilacap juga sangat fantastis mampu menghasilkan 30 ton ikan sidat dengan jenis komoditi ekspor yang didominasi dari wilayah Kedungreja,” ungkapnya.

Sujito menambahkan, dalam perkembangan budidaya Sidat, pihaknya berkomitmen melakukan pendampingan dan pengembangan secara berkelanjutan. Dantaranya dengan menggandeng Kementerian Kelautan dan Perikanan terkait penelitian proses pemijahan budidaya sidat yang sampai saat ini masih menjadi PR bersama. (guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *