Proklim Digenjot, DLH Cilacap Targetkan 105 Kilometer Wilayah Bibir Pantai Dihijaukan

CILACAP – Pengelolaan lingkungan hidup oleh Pemkab Cilacap terus ditingkatkan. Diantaranya dengan mengajak kelompok masyarakat untuk lebih peduli terhadap kondisi lingkungan hidup. Hal ini seperti dilakukan Dinas Lingkungan Hidup Cilacap yang belakangan ini sedang fokus dalam memperkuat serta membentuk Proklim atau Program Kampung Iklim.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Cilacap – Sri Murniyati mengungkapkan, adapun dalam target di tahun 2022, sepanjang 105 Kilometer wilayah bibir pantai mulai dari Nusawungu hingga Rawa Apu bakal dihijaukan.

Langkah penghijauan ini diklaim menjadi salah satu cara untuk mencegah potensi abrasi maupun kerusakan lingkungan diwilayan pesisir.

“Secara teknis, hal ini sudah kami laksanakan. Kemudian nantinya dapat diimplementasikan kembali, baik dari Pemkab Cilacap, TNI-POLRI, Perhutani, maupun Pemerintah Pusat yang kemarin juga ingin berkunjung kesini, serta melalui langkah kerjasama dengan pihak perusahaan dan aktifis lingkungan,” kata dia.

Ditanya soal vegetasi dalam program penghijauan bibir pantai, sejauh ini untuk lingkungan pantai di Cilacap menurutnya masih cocok ditanami dengan tumbuhan Cemara Laut.

“Vegetasi yang cocok untuk wilayah pesisir Kabupaten Cilacap sejauh ini adalah tanaman Cemara Laut. Karena mampu mencegah abrasi maupun menjadi sarana pemecah gelombang yang baik,” jelasnya.

Sri Murniyati menambahkan, upaya penyelamatan lingkungan hidup perlu dukungan dari semua pihak. Dalam hal ini tidak terkecuali dari masyarakat khususnya yang tinggal di pesisir pantai untuk turut menjaganya.

“Kita tidak bisa dipisahkan ya antara penanaman dan pemberdayaan masyarakat pesisir. Kemudian yang terpenting adalah bagaimana lingkungan kita ini siap menghadapi perubahan iklim,” pungkasnya.

(Guruh)