Ratusan Kades Terpilih Dilantik

Penyematan Lencana dilakukan Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji secara langsung kepada ratusan Kades terlantik di Pendopo Wijayakusuma Cilacap, Selasa (30/04/19).

Sebanyak 177 Kades terpilih hasil Pilkades Serentak tahap ke 3 pada 20 Februari 2019 lalu, Selasa siang tadi dilantik dan diambil sumpahnya oleh Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji. Pelantikan berlangsung di Pendopo Wijayakusuma yang dihadiri oleh para pejabat di lingkup pemkab dan Forkompimda.

Bupati menekankan, agar para Kades terlantik mengemban kepercayaan yang sudah diberikan oleh rakyat didesanya, serta berkewajiban merangkul semua pihak. Selanjutnya, Kades terlantik diminta fokus bekerja sesuai tupoksinya dan diharapkan turun langsung ke masyarakat untuk mengetahui dan menangani permasalahan yang ada. Terkait dengan perencanaan pembangunan yang menggunakan dana desa, para kades dituntut optimal dan menghindari penyimpangan.

“Pembangunan Desa dengan dana yang sangat besar harus dimanage yang benar direncanakan yang benar. Pemerintah akan turun kesana untuk membantu Desa dengan perencanaan yang baik, yang mana diprioritaskan mana yang didahulukan kita harus turun langsung. Pejabatnya tidak boleh berpangku tangan,” tegasnya.

Sementara Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Cilacap – Achmad Arifin Santosa mengatakan, setelah pelantikan ini, para kades segera menjalani bimbingan teknis dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembanguna atau BPKP. Tujuannya untuk membekali Kades dalam mengelola dan mempertanggungjawabkan Alokasi Dana Desa yang dinilai cukup besar.

“Terkait Pilkades yang sebelumnya bermasalah, yakni desa Karangkandri dan Tayem, pada hari Selasa ini sudah dilantik dan dinyatakan permasalahan telah terselesaikan,” imbuhnya. (guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *