Ratusan Pelajar Ikuti OSN 2019

Sebanyak 547 pelajar se Kabupaten Cilacap, bertanding dalam kejuaraan Olimpiade Sains Nasional atau OSN tingkat Kabupaten tahun 2019, di SMP Negeri 4 Cilacap, Sabtu (16/03/19) pagi. Ratusan pelajar tersebut merupakan perwakilan dari seluruh sekolah tingkat SMP maupun MTS di wilayah Cilacap. Dalam OSN tersebut, para peserta beradu dalam menjawab berbagai soal dan pertanyaan secara tertulis.

Kasi SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Cilacap, Marsudiyana mengatakan, penyelenggara OSN tingkat Kabupaten merupakan agenda Nasional tahunan dari Kementerian yang dilakukan serentak diseluruh wilayah Indonesia. Untuk Cilacap sendiri dalam pelaksanaanya terdapat 3 mapel yang diperlombakan, yakni IPA, Matematika dan IPS.

Lebih lanjut, pembagiannya pesertanya antara lain, untuk mapel Matematika diikuti 182 peserta, IPA sebanyak 184 siswa dan 181 lainya untuk mapel IPS.

“Selain menjadi ajang seleksi calon peserta untuk tingkat provinsi, penyelenggaraan OSN tersebut menjadi sarana pengembangan bakat minat maupun pemerataan prestasi dikalangan pelajar,”katanya.

Marsudiyana menambahkan, setiap sekolah di Kabupaten Cilacap diharapkan kedepanya mampu mempersiapkan kembali siswanya untuk OSN di tahun depan. Sehingga bibit pelajar berprestasi di Cilacap selalu ada dan bertambah jumlahnya. (guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *