Ratusan Siswa SMPN 1 Dilatih Ecobrik

Sampah yang ada ditiap sekolah hampir setiap hari volumenya cukup besar. Jika tak ditanggulangi, maka timbunan sampah ini akan menimbulkan dampak buruk bagi lingkungan pendidikan tersebut.

Di SMP Negeri 1 Kesugihan, salah satu cara untuk mengatasi persoalan sampah dilakukan dengan mengerahkan seluruh siswanya untuk dilatih pembuatan ecobrik. Acara berlangsung pada Sabtu siang tadi. Berbahan dasar sampah tersebut, ratusan siswa memanfaatkan sampah untuk dijadikan barang yang lebih bernilai.

Selain mengatasi persoalan sampah, program pembuatan ecobrik tersebut menjadi upaya SMP Negeri 1 Cilacap untuk menyongsong penilaian Sekolah Adiwiyata. Menurut Pembimbing Adiwiyata – Umi Fatma, dengan asumsi jumlah siswa yang mencapai 664 orang, maka volume sampah yang dihasilkan setiap harinya cukup besar. Seperti sampah plastik, botol, berbagai bungkus makanan sachet, kertas dan lainnya.

“Tidak hanya ecobrik, pada kesempatan ini digalakan juga penanaman apotik hidup dan tanaman keluarga,” ungkapnya.

Sementara Ketua Osis SMP Negeri 1 Kesugihan – Sasi Lintang mengatakan, dengan pelibatan siswa pada pembuatan ecobrik ini diharapkan semakin memacu teman-teman disekolahnya untuk lebih peduli dengan lingkungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *