Rawan ISPA dan Penyakit Kulit, Penarik Gerobak Sampah Cek Medis

Profesi petugas kebersihan lingkungan kerap dipandang sebelah mata. Padahal mereka memiliki andil besar untuk menciptakan lingkungan yang sehat. Yang memprihatinkan, profesi ini juga memiliki resiko tinggi terjangkit penyakit kulit maupun ISPA atau Infeksi Saluran Pernafasan Akut. Penyakit yang menduduki peringat teratas diderita oleh masyarakat ketimbang jantung, demam berdarah atau penyakit lainya di Cilacap.

Diperlukan tindakan pencegahan melalui pemahaman pada masyarakat terutama para pekerja kebersihan, seperti penarik gerobak sampah. Demikian dikatakan Ketua Forum Peduli Umat Cilacap – Sri Rahayu pada kegiatan cek medis gratis bagi penarik gerobak sampah se kota Cilacap. Acara berlangsung di komplek Perumahan Bumi Ketapang Damai pada Minggu pagi.

Kepada Bercahaya FM Sri Rahayu mengungkapkan, kegiatan pengobatan gratis bagi penarik grobak sampah menjadi rangkaian kegiatan menyambut Ramadhan dan sebagai bentuk kepedulian terhadap kesehatan masyarakat.

Sri Rahayu menambahkan, kepedulian terhadap para pekerja penarik grobak sampah juga untuk membantu pemerintah dalam mengatasi permasalahan kesehatan yang ada di masyarakat.

Direncanakan, kedepan Forum Peduli Umat akan menggandeng Polres Cilacap dan sejumlah tenaga medis untuk kegiatan bakti sosial maupun penyuluhan kepada sejumlah pekerja parkir dan tukang becak di Cilacap. (grh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *