Ribuan siswa SD Se Cilacap jalani Imunisasi Campak

Guna mencegah bahaya penyakit campak, Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap melalui Puskesmas melaksanakan imunisasi campak. Imunisasi campak menyasar sekitar 505 ribuan anak di seluruh Kabupaten Cilacap. Sesuai instruksi dari pemerintah pusat, imunisasi ini wajib diberikan kepada anak berusia 9 bulan hingga 15 tahun.

Kordinator Imunisasi Campak, Puskesmas Cilacap Tengah Satu, Rohtulani pada kegiatan Bulan Imunisasi Anak Sekolah – BIAS di SDN Sidanegara 1, Jumat (24/08). Ia menjelaskan, penyakit campak merupakan suatu infeksi menular melalui saluran nafas yang disebabkan oleh virus.

Lebih lanjut ia mengatakan, dalam bulan ini pihaknya bersama tim imunisasi Puskesmas sejak tanggal 20 Agustus lalu telah mengimunisasi sebanyak 17 Sekolah yang berada di lingkup Cilacap Tengah.

“Imunisasi Campak yang berlangsung sejak tanggal 20 Agustus lalu, sudah dilakukan diberbagai sekolah di jenjang SD. Yaitu dengan jumlah peserta sekitar 1050 siswa kelas 1 SD,” ungkapnya.

Sementara Kepala Sekolah SDN Sidanegara 1 Cilacap, Karmiyah meyambut baik kegiatan tersebut, sebab menurutnya dengan adanya imunisasi tersebut dapat menyehatkan 150 anak didiknya.

“Saya harap program kesehatan lainya selain Campak, mulai dari obat cacing, rubela, maupun lainya dapat tersalurkan oleh pihak terkait secara rutin disemua sekolah,” imbuhnya. (Guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *