Sambut HUT Kabupaten Cilacap Ke-165, Puluhan Perahu Nelayan Dilombakan

Kapolres AKBP Dr. Leganek Mawardi, S.H., S.I.K., M.Si

CILACAP – Sambut HUT Kabupaten Cilacap yang ke -165, Pemda Kabupaten Cilacap bekerja sama dengan Polres Cilacap menyelenggarakan Lomba Perahu Nelayan Siaga Candi Covid-19 di Dermaga Daun Lumbung, Kelurahan Tambakreja, Kecamatan Cilacap Selatan, Sabtu (20/3/21)

Dengan tema “Mantapkan Bangga Mbangun Desa Menuju Cilacap Sehat” kegiatan dihadiri Bupati Cilacap H. Tatto Suwarto Pamuji didampingi Ketua TP PKK Hj. Tety Rohatiningsih,S.Sos., Danlanal Letkol Laut (PM) Sugeng Subagyo, S.Sos., Dandim 0703/Cilacap Letkol lnf. Andi Afandi, S.I.P, Kapolres AKBP Dr. Leganek Mawardi, S.H., S.I.K., M.Si., Kepala Kejaksaan Negeri Timotius Tri Ari Mulyanto, S.H., M.H., Ketua Pengadilan Negeri Sukri Sulimin, S.H., M.H.

Selain itu juga dihadiri Wakil Bupati Syamsul Auliya Rachman, S. STP., MSI., Wakapolres Kompol Agus Sulistianto, S.H., S.I.K, DPRD Fraksi Partai Gerindra Suyatno, S.H, Pasi Ter Kodim 0703/Cilacap Kapten lnf. Saidin, Kalan Kopassus Kapten lnf. Lukman, Ketua DPC HNSI Cilacap Sarjono, Para Perwakilan BUMN dan BUMD Kabupaten Cilacap serta Para PJU Polres Cilacap. Untuk peserta Lomba Perahu Nelayan Siaga Candi Covid 19 diikuti oleh Paguyuban Nelayan Cilacap.

Dalam amanatnya, Kapolres AKBP Dr. Leganek Mawardi, S.H., S.I.K., M.Si mengatakan, perayaan hari jadi Kabupaten Cilacap di tahun 2021 yang jatuh pada hari Minggu tanggal 21 Maret 2021 tidak seperti peringatan hari jadi pada tahun sebelumnya. hal ini disebabkan karena pandemi Covid-19 yang terjadi sudah hampir satu tahun lamanya dan dampaknya sangat berpengaruh pada sektor kesehatan, ekonomi, pendidikan, budaya, pariwisata dan lainnya.

“Dalam rangka menyambut hari jadi
Kabupaten Cilacap yang ke-165 Pemerintah Kabupaten Cilacap bekerja sama dengan Polres Cilacap menyelenggarakan lomba perahu nelayan siaga candi Covid-19. Hal ini bertujuan untuk mendorong peran serta masyarakat khususnya warga nelayan Kabupaten Cilacap dalam
pencegahan dan penanggulangan Covid-19,”
kata Kapolres.

Menurut Kapolres, lomba ini pertama kali diselenggarakan di wilayah provinsi Jawa Tengah. Kegiatan lomba ini diikuti 20 peserta dari paguyuban nelayan Kabupaten Cilacap. Adapun untuk penilaian lomba terdapat 5 (lima) kategori yaitu Tertib administrasi, SOP protkes, Kebersihan dan kerapian kapal, Perlengkapan dan alat keselamatan kapal, Kreativitas kapal dan Pengetahuan umum.

Sementara itu Bupati Cilacap – Tato Suwarto Pamuji mengatakan, meskipun digelar secara sederhana karena pandemi Covid-19, kegiatan lomba ini tetap menjadi hal yang baik bagi nelayan di Cilacap.

“Untuk menggugah nelayan agar semangat dalam memperingati HUT ke 165 Kabupaten Cilacap dan sekaligus menjaga patok – patok budaya yang sudah seharusnya dipertahankan,” ungkapnya.

Bupati menambahkan, bahwa kegiatan tersebut merupakan yang pertamakalinya diadakan di Cilacap. Sehingga dia berniat kedepannya akan menjadikannya event tahunan yang menarik.

“Ini yang pertamakalinya di Cilacap selama saya menjabat menjadi Bupati. Tentunya hal yang luar biasa dari pak Kapolres, terus terang ini menarik jika dapat dijadikan event rutin tahunan kedepannya,” pungkasnya.

Adapun bertindak sebagai juri dalam lomba tersebut, perwakilan TNI diwakili oleh Danlanal Cilacap, dari Polres Cilacap, Dinas kelautan dan perikanan Cilacap, Dinas Pemuda, Olah Raga dan Pariwisata Kabupaten Cilacap dan dari Akademi Maritim Nusantara (AMN) Cilacap.

Juara I diraih oleh Kelompok Dermaga Alas M dari Cilacap Tengah, Juara II diraih Kelompok Nelayan Pandanaran Cilacap Selatan, Juara III diraih Rukun Nelayan Mengati Kisik Mandiri Cilacap Utara, Juara Harapan I Kelompok Donan P Cilacap Tengah dan Juara Harapan II diraih oleh Paguyuban Nelayan Panikel Kampung Laut Cilacap.

*Seluruh rangkaian kegiatan yang berlangsung menerapkan prokes Covid-19 secara ketat.

(Guruh)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *