Sebanyak 701 Aduan Dari Masyarakat, Terbanyak Di Tujukan Disdukcapil

CILACAP – Sebanyak 701 aduan dari masyarakat melalui platform pengaduan Pemerintah Kabupaten Cilacap. Aduan tersebut terhitung sejak Januari – Oktober 2021, dan paling banyak aduan ditujukan untuk Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cilacap.

Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Cilacap Sukaryanto, mengatakan Kabupaten Cilacap memiliki  beberapa platform pelayanan pengaduan yang bisa di gunakan oleh masyarakat yakni SP4N LAPOR!, Laporgub! Dan Lapor Bupati. Untuk Kabupaten Cilacap sendiri, aduan masyarakat di fokuskan pada lapor Bupati.

“Jumlah ini adalah yang masuk ke whatsapp Lapor Bupati, artinya masyarakat cukup aktif melakukan aduan terkait keluhan yang ada di wilayahnya. Jadi kita sebagai lembaga pelayanan harus lebih aktif lagi mengecek laporan dan meresponnya, agar permasalahan yang dilaporan bisa segera diatasi,” ujar Sukaryanto.

Sukaryanto menegaskan bahwa laporan di platform Lapor Bupati semenstinya maksimal 3 jam harus sudah ada tanggapan dari admin.

“Minimal ada kata – kata Ucapan terimakasih atas aduan nanti akan di tanggapi lebih lanjut dan lain sebagainya, tapi yang pasti minimal ada tanggapan, sehingga tidak membuat mangkel orang yang sudah mengadukan,” jelasnya.

Salah satu tugas dari lembaga pemerintahan adalah memberikan pelayanan yang baik, kepada masyarakat salah satunya pelayanan pengaduan. Seluruh penyelenggara pelayanan publik, baik itu di pemerintah pusat maupun daerah, wajib untuk menerima, menanggapi, memproses dan atau menyelesaikan setiap pengaduan.

“Maka dari itu diperlukan koordinasi dan evaluasi rutin agar Pejabat maupun Admin yang melayani dan mengelola pengaduan masyarakat, bisa lebih sigap, cepat. Karena aduan, masukan, aspirasi dari warga juga penting untuk pembangunan,” ujar Sukaryanto saat membuka Rapat Koordinasi Pelayanan Pengaduan Masyarakat di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Cilacap di Ruang Rapat Jalabumi, Rabu (1/12/2021).

Bambang Gais Sutoko, selaku admin utama Lapor Bupati di Kabupaten Cilacap mengungkapkan, admin pengaduan khususnya di OPD terkait harus mampu menjelaskan kepada masyarakat yang melakukan laporan, terutama apabila ada miskomunikasi atau aduan yang tidak pada tempatnya.

“Contohnya tadi laporan jalan rusak kepada DPUPR, langsung saja dijelaskan kalau misalnya jalan yang dilaporkan rusak adalah jalan desa. Biar nanti warga bisa langsung menghubungi perangkat desa. Yang penting adalah memberikan respon dan jawaban dengan cepat. Berbeda dengan penyelesaian masalahnya yang memang memerlukan waktu yang lebih panjang,” pungkasnya. (tan/bercahayafm)