Segera Pembangunan Eks Terminal Majenang

Sejumlah petugas Dishub Kabupaten Cilacap melakukan peninjauan lokasi pembangunan Eks Terminal Majenang.

Eks Terminal lama Majenang yang selama ini mangkrak bakal kembali dihidupkan. Lahan eks Terminal ini berada di Jalan Bayangkara Desa Jenang dan pada 2018 lalu telah dilakukan studi kelayakan untuk dibangun menjadi terminal dengan tipe C.

Melalui Dinas Perhubungan Cilacap, Pemkab bakal menggelontorkan anggaran 900 juta dengan hitungan untuk pembangunan terminal diatas lahan seluas sekitar 7 ribu meter persegi. Jika terwujud, maka luasannya bakal bertambah sekitar 4 ribu meter persegi dari sebelumnya.

Kasi Angkutan Dalam Trayek pada Dishub Cilacap – Jasun mengatakan, saat ini proses penyusunan desain bangunan terminal telah rampung dan akan ditindaklanjuti realisasi tahap pengurugan lahan. Nantinya terminal Majenang tipe C bakal dilengkapi sejumlah fasilitas tambahan. Mulai dari sarana ramah disabilitas dan pejalan kaki, ruang ibu menyusui, fasilitas bermain anak, toilet, area kuliner, enam kios pedagang maupun rest area.

Lebih lanjut, berdasarkan ketentuan, terminal kelas C akan diproyeksikan untuk transportasi angkutan umum pedesaan. Kendati demikian, tidak menutup kemungkinan akan disinggahi bis AKDP atau AKAP.

“Dari terminal sebelumnya terdapat tambahan luasan, yakni dari 3 ribuan meter persegi ditambah 4 ribuan meter persegi, sehingga total yang dikerjakan akan menjadi 7 ribuan meter persegi. Kalau anggaranya untuk tahun 2019 itu sekitar 970 juta, rencananya akan digunakan untuk pengurugan lahan terlebih dahulu di tahun 2019 pada semester ke dua,” jelasnya.

Pembangunan Terminal Majenang ini diharapkan akan memacu bangkitnya potensi perekonomian masyarakat setempat melalui sarana transportasi angkutan umum pedesaan. (guruh)

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *