Selain PKH, Keluarga Penerima Manfaat Juga Menerima Bantuan Program Sembako

CILACAP – Program Keluarga Harapan (PKH) saat ini sudah memasuki tahap ke 3, di tahun 2021. PKH merupakan program pemberian bantuan sosial bersyarat, kepada Keluarga Miskin (KM)  yang ditetapkan sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH, yang terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial.

Koordinator Kabupaten Program Keluarga Harapan Kabupaten Cilacap, Taryoko S.H, menyampikan, Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kabupaten Cilacap sebanyak 89.803 keluarga. Yang mana pada tahap ke 3, sudah di salurkan lebih awal, yakni pada bulan Juni 2021, mengingat sedang dalam masa PPKM Darurat.

“Bantuannya berupa uang tunai yang disalurkan melalui rekening masing – masing, dengan sasaran KPM yang memiliki Komponen Kesehatan, Pendidikan dan Kesejahteraan Sosial seperti  Ibu Hamil, Anak Usia Dini, Anak SD, SMP, SMA, Lansia serta Penyandang Disabilitas Berat,” jelas Taryoko.

Taryoko menjelaskan, data cakupan layanan Program Harapan Kabupaten Cilacap, Ibu hamil : 435, Anak usia dini : 24.430, SD : 45.296, SMP : 28.394, SMA : 20.520, Lansia : 25.193, Penyandang Disabilitas : 1.063.

“Untuk nominalnya, Ibu Hamil dan Anak Usia Dini mendapatkan bantuan Rp. 750 ribu/ triwulan, Siswa SD Rp. 225 ribu/triwulan, Siswa SMP Rp 375 ribu/ triwulan, Siswa SMA Rp 500 ribu/triwulan, Lansia dan Penyandang Disabilitas Rp. 600 ribu/ triwulan, Ucapnya.

Selain menerima PKH dalam bentuk uang tunai, Keluarga Penerima Manfaat juga menerima Program Sembako sebesar Rp 200 ribu/bulan, yang wajib dibelanjakan untuk kebutuhan pokok seperti Beras, Telor atau Daging, Buah dan sayur mayur.

“Melalui PKH, Keluarga Miskin didorong untuk memiliki akses dan memanfaatkan berbagai fasilitas pelayanan sosial, seperti Ibu Hamil dan Anak usia Dini wajib ke Posyandu atau ke Puskesmas minimal 4 kali dalam masa kehamilan, untuk Anak SD,SMP dan SMA kehadirannya minimal 85%, sedangkan untuk lansia juga wajib ke Posyandu,” terang Taryoko.

Reporter : (Intan)

Sumberfoto : Google

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *