Selama Pemilu PLN Jamin Pasokan Listrik Terjaga

Salah satu yang dapat menghambat kelancaran proses Pemilu Serentak adalah aliran listrik. PLN Cilacap sendiri sudah sejak awal menyiapkan keandalan listrik untuk mendukung kelancaran tahapan penting Pemilu Serentak 17 April mendatang. Terkait hal ini, PLN UP3 Cilacap telah memastikan suplay listrik untuk wilayahnya tercukupi. Kesiapan ini dibarengi dengan personil maupun peralatan pendukung kerja yang bakal dioptimalkan selama hajat demokrasi ini.

Usai Apel Siaga dan doa bersama Pemilu 2019, Manager PLN UP 3 Cilacap – Ahmad Mustaqir mengatakan, suplay listrik saat ini mengalami surplus dan dipastikan mampu mencukupi kebutuhan hajat selama Pemilu Serentak. Terlebih dengan adanya dua PLTU di Karangkandri dan Bunton yang sudah mampu memenuhi beban listrik puncak se Cilacap yakni sebesar 190 megawatt. Selain itu terdapat 60 personel dari 6 unit layanan pelanggan atau ULP dibawah UP 3 Cilacap yang dilibatkan untuk mendukung pelaksanaan Pemilu 2019. Yakni ULP Cilacap Kota, Sidareja, Majenang, Kroya, Gombong dan Kebumen.

Sementara dari kesiapan layanan nantinya PLN telah menyediakan sejumlah petugas khusus yang bekerja selama 24 jam. Salah satunya petugas Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan atau PDKB yang menangani kendala maupun pemeliharaan jaringan tanpa melakukan pemadaman.

“Ada dua armada PDKB, tim kami tersebut dilengkapi dengan alat pelindung khusus yang membuat petugas mampu menangani penanganan listrik tanpa melakukan pemadaman. Kemudian sesuai SOP kami masa siaga berlangsung sejak tanggal 17 Maret sampai 22 Mei 2019, dimana tidak boleh ada pemadaman yang meluas karena pemeliharaan, terutama ditempat penyelenggaraan Pemilu. Seperti KPU, Bawaslu, Panwas, PPK, kantor Kecamatan diseluruh wilayah,” ungkapnya.

Ahmad menambahkan, PLN UP3 Cilacap juga telah menyediakan kebutuhan tambahan berupa genset gratis untuk menunjang keperluan panitia Pemilu 2019 serentak di wilayah Kabupaten Cilacap. (guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *