Sempat Zero Kasus, Covid-19 Kembali Mencuat di Cilacap

CILACAP – Setelah sempat berhasil dinyatakan sebagai salah satu daerah zero kasus selama tiga hari berturut – turut, kini Kabupaten Cilacap kembali dihadapkan dengan kemunculan kasus aktif Covid-19.

Terkini, berdasarkan data Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Cilacap per 05 Januari 2021, total kasus secara kumulatif di Kabupaten Cilacap mencapai 29.631 kasus. Rinciannya ada satu tambahan kasus aktif Covid-19, dengan keterangan 27.770 kasus sembuh, dan 1.860 kasus meninggal dunia.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap – dr Pramesti Giriana Dewi mengatakan, mencuatnya kasus Covid-19 di Kabupaten Cilacap menjadi bukti maupun peringatan bagi semua pihak. Yakni untuk tetap waspada serta berdisiplin protokol kesehatan. Terlebih dengan adanya kemungkinan penyebaran Covid-19 varian Omicron.

“Ini muncul kembali satu kasus aktif setelah tiga hari berturut – turut kita zero kasus. Jadi harus diperhatikan dan tetap disiplin protokol kesehatan,” kata dr Pramesti Griana Dewi, Kamis (06/01/22).

Ditanya soal  jenis virus pada kasus Covid-19 yang kembali mencuat di Cilacap ini, pihaknya menyatakan bahwa besar kemungkinan tidak termasuk pada varian Omicron. Namun demikian, Dinas Kesehatan Cilacap tetap melakukan sejumlah prosedur penanganan utama. Seperti melakukan kontak tracing, melakukan pemeriksaan berkala, hingga monitoring beberapa daerah yang disinyalir rawan penyebaran Covid-19.

“Untuk kasus yang kembali muncul belakangan ini, Cycle threshold (Ct) value nya tinggi atau diatas 30. Sehingga kita tidak perlu mengirimkan ke laboratorium untuk pemeriksaan genome sequencing. Insya Allah bukan Omicron karena CT valuenya diatas 30. Tapi tentunya kita tetap lakukan tracing kita lakukan testing pada kontaknya, tracing secara luas dan mudah – mudahan tidak ada transmisi,” jelas dr Pramesti Griana Dewi.

Pramesti menambahkan, saat ini Kabupaten Cilacap  masih berada pada level Dua PPKM dan akan terus mengoptimalkan berbagai langkah pencegahan maupun penanganan penyebaran Covid-19.

Diharapkan dengan adanya langkah strategis dari pihak pemerintah daerah, TNI POLRI, maupun masyarakat, dapat terus menorehkan hasil apik seperti sejauh ini.

“Sehingga nantinya dalam Dua Minggu kedepan dapat merubah level PPKM Cilacap menjadi lebih baik, tentunya melalui kebijakan maupun penilaian dari pusat,” pungkasnya.

(Guruh)