Siapkan Program Sekolah, Ratusan Guru Ikuti Workshop

CILACAP – Ratusan Guru dan Kepala Sekolah SMP baik Negeri, Swasta, maupun Satu Atap se Kabupaten Cilacap mengikuti kegiatan Workshop Penyusunan Program Sekolah SMP Kabupaten Cilacap Tahun 2022. kegiatan tersebut guna mempersiapkan program-program sekolah di awal Tahun Anggaran 2022.

Kegiatan dilaksanakan selama 3 hari Selasa – Rabu (4 – 6/1/22) bertempat di Fave Hotel Cilacap. Ketua Panitia Penyelenggara kegiatan, Marjoko menyampaikan bahwa kegiatan ini dalam rangka menyusun program – program sekolah, (Evaluasi Dari Sekolah, Rencana Kerja Jangka Menengah, Rencana kerja Sekolah serta Rencana kerja Tahunan, Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah).

“Workshop ini untuk memberikan pengetahuan kepada kepala sekolah dan tim pengembang sekolah untuk dapat memiliki pemahaman yang baik terkait penyusunan program – program dan bisa mengimplementasikan di satuan pendidikannya masing – masing,” Ujarnya, Rabu (5/1/22).

Menurutnya upaya peningkatan satuan pendidikan merupakan salah satu program sekolah.

“Ada program yang sama ada program yang berbeda, program yang sama yakni program – program yang sifatnya rutin, tetapi ada juga program yang berupaya untuk lebih peningkatan mutu pembelajaran lagi. Untuk inovasi, kreasi, dan juga kreativitas, dikembangkan seluas mungkin bagi siswa, bagi guru dan untuk semua warga sekolah agar menjadi sekolah yang bermutu dan berkualitas,” jelasnya.

Saat ini yang masih menjadi tantangan bagi sekolah ialah sekolah harus meningkatkan kompetensi siswa khususnya di bidang literasi, numerasi dan penguatan pendidikan karakter. Hal tersebut berdasarkan hasil survei PISA (Program for International Student Assessment) capaiannya secara nasional masih terlalu rendah.

“Sehingga SMP di kabupaten Cilacap berbenah untuk dapat meningkatkan kompetensi siswa dan karakter siswa, yang kita harapkan siswa yang cerdas, berkarakter tapi juga kompetitif,” kata Marjoko.

Sementara, salah satu peserta workshop, Thomas Sutasman selaku Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMP Pius Cilacap mengatakan bahwa kegiatan ini sangat menarik dan penting untuk evaluasi sekolah.

“Tentunya program sekolah tiap tahun memang harus berubah untuk menyesuaikan perkembangan zaman dan selalu berbenah serta berkembang ke arah peningkatan mutu agar menjadi lebih baik,” tutupnya.

Kegiatan workshop menghadirkan 3 narasumber yakni LPMP (Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan) Semarang, LPMP Provinsi Jawa Tengah dan Pengawas Dinas P dan K Kabupaten Cilacap. (tan/bercahayafm)