SMP PIUS Ajak Generasi Muda Ciptakan Konten Positif

Keberadaan internet sebagai akses memperoleh informasi saat ini diibaratkan seperti pisau bermata dua, pasalnya pada perkembangan internet terdapat dampak positif maupun negatif dalam penggunaanya. Bahkan informasi maupun konten media yang ada saat ini dinilai telah didominasi oleh konten negatif yaitu berupa isu sara, radikalisme, berita hoax, maupun pornografi. Dengan demikian dibutuhkan proteksi pada generasi muda dalam penggunaan internet maupun media lainya.

Proteksi yang dimaksud adalah dengan mengembangkan bakat generasi muda melalui pendidikan karakter sejak dini dan memotivasi mereka untuk menciptakan konten positif yang dianggap jauh lebih berguna dalam pemanfaatanya. Hal tersebut diungkapkan perwakilan komunitas Sangkanparan, Insan Indah Pribadi selaku pembicara dalam kegiatan TalkShow bertajuk Menjadi Pribadi yang Cerdas, Gembira, dan Berspiritualitas Hati, yang digelar di SMP PIUS Cilacap, Selasa 17 Juli 2018.

Lebih lanjut Insan juga menjelaskan, saat ini perkembang berita di layar TV menjadi 50% bad news dan 50% good news, dengan kondisi tersebut diperlukan perubahan orientasi media yang mengutamakan komersil dan negatif menjadi konten yang positif.

Selain mengajak para murid untuk menciptakan konten positif, kegiatan tersebut juga bertujuan untuk memotivasi siswa dalam meraih cita-cita menjadi orang besar, kreatif, dan sukses. SMP Pius Cilacap dalam gelaran Talkshownya turut mendatangkan dua narasumber yang salah satunya berasal dari alumni sendiri, yaitu Iwan Liem alumni yang dinilai sukses karier maupun pendidikannya. Pihaknya diundang guna mendorong semangat anak didik baru dalam mengembangkan bakat maupun prestasinya sejak usia dini.

Sementara menurut Kepala Sekolah SMP PIUS Cilacap, Budi Setiawan mengungkapkan, anak-anak harus melihat bahwa orang besar, orang sukses, itu dimulai dari yang kecil. Orang besar tidak serta-merta menjadi besar. Dia harus berjuang untuk mendapatkan cita-cita menjadi orang besar.

Budi Setiawan menambahkan, acara talkshow yang diikuti 88 siswa kelas 7 dan 20 pengurus OSIS merupakan serangkaian kegiatan MOS di SMP PIUS Cilacap dan akan ditutup dengan sosialisasi pembudidayaan lingkungan, serta pengenalan hidroponik atau tanaman di air Rabu besok. (Guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *