Tak Lagi Manual, Satpol PP hadirkan Inovasi Simpel Pol PP

CILACAP – Pemkab Cilacap terus mendorong seluruh OPD untuk dapat melakukan percepatan program kerjanya. Bukan tanpa alasan, hal ini disebabkan masih ditemukannya sejumah persoalan dalam berbagai sektor. Salah satunya adalah  pelaporan hasil kinerja yang kerap dinilai lambat serta kurang akurat lantaran masih menggunakan sistim manual.

Merespon hal tersebut, Satpol PP Cilacap kembali membuktikan keseriusannya dalam mendukung program pembangunan dari Pemkab Cilacap. Yakni melalui aksi perubahan Kasubag Perencanaan Pol PP Cilacap – Waluyo yang telah membuat inovasi berupa SIMPEL Pol PP.

Kepala Satpol PP Cilacap – Yuliaman Sutrisno menyampaikan, bahwa SIMPEL Pol PP merupakan akronim dari Sistem Informasi Kinerja Satpol PP. Yakni salah satu wahana anyar berbasis IT guna membantu percepatan laporan kinerja dari pegawai yang bertugas dilapangan. Olehkarenanya pihaknya menyatakan dukungannya terhadap inovasi tersebut lantaran dianggap mampu menjadikan layanan Satpol PP menjadi semakin baik dan optimal.

“Saya tentunya mendukung inovasi Simpel Pol PP ini karena ketika laporan kinerja cepat masuk tentunya akan mempercepat langkah evaluasi, serta memudahkan untuk pembuat kebijakan serta pemberi keputusan. Disamping tentunya tertib administrasi Satpol PP akan lebih akuntabel, bisa dipertanggungjawabkan, dan menjadi tertib dan lebih baik lagi,” ungkapnya.

Sementara itu Kasubag Perencanaan pada Satpol PP Cilacap – Waluyo mengungkapkan, bahwa SIMPEL Pol PP ini memiliki keunggulan dari sistim manual yang sebelumnya digunakan. Diantaranya kecepatan pengimputan data pelaporan kinerja, memiliki keakurasian serta ketepatan waktu, dan dapat digunakan secara real time lantaran disupport dengan basis online atau dalam jaringan internet.

Pihaknya optimis Simple Pol PP dapat menjadikan layanan maupun pelaporan kinerja khususnya di jajaran Satpol PP maupun Damkar Cilacap dapat semakin berkualitas dan dapat dirasakan manfaatnya.

“Kita sudah tinggalkan sistim yang manual, sekarang lebih efektif dan jika dibutuhkan data kinerja pelaporan dapat dilihat kapan pun. Selain itu kta juga memudahkan stakeholder lainya dalam mendapatkan informasi maupun data seperti hasil penegakkan Perda maupun dari kinerja pemadaman kebakaran oleh Damkar Cilacap,” tambah Waluyo.

(Guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *