Tingkatkan Konsumi Ikan Kepada Masyarakat, Dinas Perikanan Gelar Lomba Masak

CILACAP – Guna meningkatkan konsumsi ikan melalui gerakan memasyarakatkan makan ikan (Gemarikan), Dinas Perikanan Kabupaten Cilacap menggelar lomba memasak berbahan ikan tingkat Kabupaten Cilacap bersama dengan Tim Penggerak PKK Kabupaten Cilacap, Rabu (24/11/21) di Fave Hotel Cilacap.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Cilacap Ditiasa Pradipta mengatakan, selain dalam rangka memperingati Hari Ikan Nasional, kegiatan ini juga sebagai upaya menurunkan angka stunting di Kabupaten Cilacap serta memenuhi gizi keluarga selama masa pandemi.

“Dimana di kabupaten Cilacap angka stunting cukup tinggi, maka dengan kegiatan ini mudah – mudahan bisa menurunkan angka stunting. Dengan mengkonsumsi ikan akan mencerdaskan otak bagi anak – anak,” ujarnya.

Lomba diikuti oleh 24 kelompok peserta dari Tim Penggerak PKK Kecamatan, dimana masing – masing peserta di wajibkan memasak dengan bahan baku utamanya adalah Ikan Patin. Sementara, untuk jenis masakan yang dilombakan ialah Menu Keluarga, menu balita dan menu kudapan atau penambahan bahan pangan sumber karbohidrat.

Wakil Ketua II TP PKK Kabupaten Cilacap Suswatiningsih Farid Ma’ruf saat memberikan sambutan dalam acara Lomba Masak Ikan dalam rangka Gemarikan.

Wakil Ketua II Tim Penggerak (TP) PKK Cilacap Suswatiningsih Farid Ma’ruf dalam sambutannya mengatakan potensi perikanan yang cukup luas dimiliki oleh Cilacap, namun hal ini belum dimanfaatkan secara optimal, serta masih rendahnya konsumsi olahan ikan di masyarakat.

“Nilai gizi yang terkandung dalam ikan tidak kalah dengan daging sapi atau ayam, apalagi untuk perkembangan anak dan ibu hamil, kandungan gizi dalam ikan jauh lebih baik,” jelas Suswatiningsih.

Lebih lanjut Suswatiningsih juga berharap, menu dalam olahan ikan yang dilombakan dapat disebar luas ke masyarakat agar semakin banyak variasi makan dari olahan ikan yang bisa dikonsumsi. “Melalui lomba ini diharapakan dapat membudayakan makan ikan dikalangan keluarga, dan hasil lomba ini juga.bisa di masyarakatkan melalui PKK bahkan sampai ke tingkat Dasa Wisma (Dawis),” harap Suswatiningsih.

Dalam lomba memasak ikan menghadirkan 3 juri yang berasal dari Chef profesional, Perwakilan Tim Penggerak PKK Kabupaten Cilacap serta Perwakilan dari Dharma Wanita Kabupaten Cilacap.

Kepala Dinas Perikanan Ditiasa Pradipta bersama dengan para Juara Lomba Masak Ikan.

Setelah melalui penilaian juri yang meliputi kreativitas dan inovatif, penyajian atau penampilan, cita rasa serta higienis dan aman dikonsumsi, Tim Penggerak PKK Kecamatan Cilacap tengah berhasil meraih juara pertama, juara kedua di raih oleh TP PKK Kecamatan Maos, sedangkan untuk juara ke tiga di raih oleh TP PKK Kecamatan Karangpucung.

Salah satu peserta lomba memasak dari Tim Penggerak PKK Kecamatan Maos Titiek Purwantini menyebut ada beberapa menu yang disajikan antara lain ikan patin crispy, sempol ikan, puding abon ikan patin serta pastel ikan.

“Yang jelas lomba ini untuk mensosialisasikan kepada warga masyarakat di sekitar untuk menyenangi gemar makan ikan,” pungkasnya. (tan/bercahayafm)