TNI AL Serius Garap Sidat Sukseskan Program Kemaritiman

Kabupaten Cilacap memiliki potensi maritim yang sangat potensial untuk dikembangkan dalam menyukseskan program kemaritiman. Adalah jenis ikan-ikanan bernama Sidat yang belakangan menjadi komoditi primadona untuk memenuhi pasar ekspor, salah satunya Jepang yang membutuhkan suplay 1.200 ton setiap tahunnya.

Potensi ini mulai serius digarap oleh jajaran TNI Angkatan Laut dengan mengembangkan budidaya sidat seperti yang diresmikan oleh Komandan Pangkalan Utama TNI AL – Danlantamal V – Laksamana Pertama TNI Edwin pada Jum’at pagi tadi. Budidaya sidat ini memanfaatkan lahan komplek Rumah Dinas TNI AL Cilacap yang terletak di Gumilir.

Danlatamal Edwin mengatakan, jika digarap optimal, maka pengembangan potensi kemaritiman tersebut akan menyukseskan program kemaritiman nasional. Selain kandungan gizinya yang besar, katanya sidat merupakan jenis ikan yang memiliki nilai ekonomis tinggi. Apalagi dikembangkan di Cilacap yang merupakan wilayah pemasok sidat terbesar di dunia.

Setidaknya ada 10 buah kolam yang djadikan pilot project oleh TNI AL Cilacap untuk mengawali pengembangan potensi tersebut. Tidak hanya sekedar pengembangan program maritim, namun budidaya sidat TNI AL Cilacap ini diharapkan menjadi stimulus bagi masyarakat untuk menggarap potensi tersebut.

Menurut Laksamana Pertama TNI Edwin sebelum di Cilacap, pengembangan budidaya sidat lebih dulu di daerah Banyuwangi. Kendati baru berjalan beberapa bulan terakhir, tetapi budidaya sidat ini mulai menunjukan progres positif.

Rencananya, sebuah regulasi untuk pengembangan budidaya sidat ini bakal ditelurkan dengan menggandeng Dinas Perikanan dan Kelautan Cilacap atau daerah lain yang merealisasikan program. Diantaranya mengatur kewajiban pembudidaya untuk mengalokasikan 10 persen dari sidat hasil budidaya dilepas ke laut. Aturan ini untuk menjaga keseimbangan potensi ketersediaan sidat di alam. Disamping itu, kerjasama dengan Pemkab atau pihak terkait lain dilakukan untuk melakukan pendampingan program tersebut. (Ady)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *