Usai Libur Lebaran, Pemohon Administrasi Kependudukan Naik Hingga 100% 

CILACAP – Pasca libur Lebaran, pemohon administrasi kependudukan (Aminduk) di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cilacap, mengalami peningkatan.

Kepala Disdukcapil Cilacap Anisa Fabriana mengatakan, peningkatan jumlah pemohon Aminduk mengalami kenaikan hampir 100 persen.

“Jadi yang biasanya kami melayani sekitar 250 pemohon, untuk hari pertama Senin (9/5) pemohon yang datang sekitar 500 orang,” kata Anisa Rabu (11/5/22).

Membludaknya pemohon bukan hanya terjadi pada Dinas Induk saja, namun juga pada UPT Dukcapil yang tersebar di 5 distrik.

“Kalau di masing – masing UPT biasanya hanya melayani sekitar 20 – 30 pemohon, usai lebaran kemarin bisa mencapai 50 – 60 pemohon,” ujarnya.

Anisa mengatakan, masyarakat pemohon di dominasi oleh para pemudik yang akan mengurus berbagai dokumen kependudukan, seperti cetak dan rekam E-KTP, perubahan data E-KTP,  pembuatan kartu keluarga (KK) ataupun pembuatan Akta Kelahiran.

“Hampir 75% pemohon itu paling banyak melakukan adminitrasi E-KTP, baik itu pembuatan E-KTP baru maupun perubahan data E-KTP,” jelas Anisa.

Meskipun terjadi kenaikan pemohon yang cukup signifikan, namun semua pemohon Aminduk dapat terlayani.

Lebih lanjut, Anisa mengatakan, meski ada beberapa dokumen E-KTP yang belum siap cetak dikarenakan system dari pusat. Sehingga ada beberapa pemohon yang belum mendapat E-KTP.

“Untuk cetak E-KTP karena ada sistem Print Ready Record (PRR), jadi sistem persetujuan dari pusat, itu yang membuat kami untuk bersabar, karena tidak seluruhnya hari itu disetujui oleh pusat untuk dicetak,” pungkasnya. (tan/bercahayafm)