Warga Antusias Kunjungi KRI Bung Tomo

Pelabuhan Tanjung Intan Cilacap sejak Selasa hingga Rabu pagi sempat digeruduk masyarakat untuk melihat Kapal Perang KRI Bung Tomo yang sengaja sandar di Dermaga 4 dan melakukan Open Ship. Warga diberi keleluasaan untuk melihat dan masuk ke dalam kapal perang yang bernomor lambung 357.

Kedatangan KRI Bung Tomo ke Pelabuhan Tanjung Intan itu setelah melaksanakan tugas dalam Pengamanan dan Pengawasan Laut pada kunjungan kerja Presiden Joko Widodo diwilayah eks-Karesidenan Banyumas dan Pangandaran. Pantauan Bercahaya FM, tampak antusias warga untuk menyaksikan kapal perang KRI Bung Tomo 357 ini. terlebih dengan penyambutan yang cukup hangat oleh personel TNI AL.

Pengunjung diperbolehkan melihat secara langsung berbagai alat utama sistem persenjataan atau Alutsista pertahanan laut hingga bagian anjungan helipad atau landasan untuk helikopter dan melihat berbagai peralatan perang milik TNI AL. Warga juga menyusuri tempat nakhoda, melihat radar dan seluk beluk kapal.

Komandan KRI Bung Tomo Kolonel Laut Heri Triwibowo menyebutkan selain untuk melakukan bekal ulang air tawar, sandar di Tanjung Intan juga untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat melihat dari dekat kapal perang buatan Inggris yang menjadi kebanggaan Indonesia itu. Kapal perang ini memiliki kemampuan peperangan di atas air, udara dan bawah air dengan fitur sensor radar permukaan, radar udara dan beberapa persenjataan seperti rudal, torpedo dan lainnya.

Menurut Heri Tribowo, KRI Bung Tomo baru saja sukses menjalankan misi PBB di Lebanon selama tahun 2015 – 2017. Ia berharap program Open Ship ini bisa menggugah dan memotivasi generasi muda dan memberi kebanggaan bahwa Indonesia memiliki alutsista yang hebat sekaligus menumbuhkan jiwa kebaharian.

Senada, Danlanal Cilacap Kolonel Laut Agus Prabowo mengatakan kunjungan KRI Bung Tomo menjadi bukti nyata kontribusi masyarakat kepada Indonesia. Sayangnya, kapal perang yang berukuran panjang 95 meter dan lebar 12 meter ini hanya dua hari bertahan di Cilacap. (Ady)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *