Wujudkan Kesiapsiagaan, 38 Peserta Ikuti Pembentukan Tenaga Sukarela


CILACAP – Sebanyak 38 peserta perwakilan dari Karang taruna RT ataupun RW Desa Karangkandri Kecamatan Kesugihan, mengikuti kegiatan Rekruitmen dan Pembentukan Tenaga Sukarela Pemadam Kebakaran Kabupaten Cilacap Tahun 2021, yang dilaksanakan di Balai Desa Karang Kandri Kecamatan Kesugihan, Kamis (03/06/21).

“Kegiatan ini bertujuan untuk mengatur peran serta masyarakat, dalam satuan ketahanan lingkungan kebakaran, dan satuan relawan kebakaran, agar dapat lebih berperan dalam mewujudkan kesiapan, kesiapsiagaan, respon time dan pemberdayaan masyarakat, dalam mencegah dan menanggulangi upaya kebakaran” jelas Kepala UPT Pemdam Kebakaran melalui Kasubbag TU Damkar Cilacap, Riadi.

Selain mendapatkan paparan terkait dengan pemadam kebakaran, para peserta juga mendapatkan sosialisasi peraturan daerah nomer 5 tahun 2018, tentang pencegahan dan penanggulangan kebakaran oleh Kepala Satpol PP Yuliaman Sutrisno.

“Para peserta juga melaksanakan praktek lapangan, antara lain pemadaman menggunakan alat tabung gas dan cara mengatasinya, pemadaman menggunakan alat pemadam Api Ringan dan cara mengatasinya serta cara menggunakan nozzle dan Gun Nozzle” kata Riadi.

Dengan adanya kegiatan ini, para peserta diharapkan untuk bisa membantu Petugas Pemadam Kebakaran.

“Diharapkan peserta bisa menjadi kepanjangan tangan kami sebelum armada kebakaran tiba dilokasi, serta bisa mewujudkan kesiapsiagaan pemberdayaan masyarakat dan pengelola bangunan, dalam melakukan upaya pencegahan, penanggulangan bahaya kebakaran serta penyelamatan” harapnya.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Satpol PP Drs. Yuliaman Sutrisno, M.Si, Camat Kesugihan Basuki Prio Nugroho, S.Sos., M.M, Kepala UPT Damkar Supriyadi, S.Sos., MM, Kades Karang Kandri / Petugas Damkar, serta anggota Forkopimcam. (tan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *